Lindungi Keanekaragaman Hayati dari Penyakit Endemik

    Intan Yunelia - 22 Mei 2019 13:11 WIB
    Lindungi Keanekaragaman Hayati dari Penyakit Endemik
    Media Briefing "Peran LIPI dalam Perlindungan Keanekaragaman Hayati Indonesia," LIPI/Humas.
    Jakarta: Keanekaragaman hayati di Indonesia mulai dari fauna hingga mikroogranisme sangat beragam. Namun, hal itu bisa terancam dengan penyebaran penyakit endemik yang ditularkan dari luar. 

    “Penularan dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh atau lesi pada kulit serta mukosa dari binatang yang tertular virus. Penularan dari manusia ke manusia sangat jarang,” kata Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cahyo Rahmadi di Jakarta, Selasa 5 Mei 2019.
    Dari itu, perlu kehati-hatian saat memasukkan satwa endemik dari luar negeri. Dikhawatirkan membawa penyakit tertular tertentu yang disebar melalui satwa. Seperti yang terkini penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox).

    “Dalam lima tahun ke depan LIPI bekerja sama dengan kementerian terkait akan melakukan karakterisasi mikroba zoonosis dari prevalensi, distribusi, endemisitas dan etiologi. Sehingga dapat tersedia data dan peta hot spot infeksi zoonosis di Indonesia,”ujar Cahyo.

    Baca:  LIPI Kembangkan 2 Sensor Peringatan Dini Bencana

    Sementara itu, Kepala Bidang Mikrobiologi Mikroorganisme Pusat Penelitian Biologi LIPI, Atit Kanti menuturkan di sisi lain, mikroorganisme mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan bioindustri. Mulai dari bidang pangan, kesehatan, pertanian dan lingkungan.

    “Mengingat pentingnya peran mikroorganisme, UU Nomor 13 Tahun 2016 tentang Mikroorganisme menjadi satu-satunya makhluk hidup yang bisa dipatenkan,” papar Atit.

    Indonesia saat ini memiliki keanekaragaman mikroorganisme yang tinggi. Karena itu keanekaragama ini menjadi potensi tersendiri bagi negara Indonesia.

    “Akan tetapi hanya sekitar 10 persen saja data yang melaporkan keberadaan mikroorganisme yang berhasil diisolasi dari Indonesia,”tuturnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id