comscore

KIP Kuliah Belum Sinkron dengan LTMPT? Begini Penjelasan Puslapdik

Muhammad Syahrul Ramadhan - 17 Februari 2022 20:08 WIB
KIP Kuliah Belum Sinkron dengan LTMPT? Begini Penjelasan Puslapdik
KIP Kuliah Merdeka (kip-kuliah.kemdikbud.go.id)
Jakarta: Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslpadik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjelaskan terkait sinkronisasi KIP Kuliah dengan LTMPT. Proses sinkronisasi tersebut dilakukan secara berkala.

Banyak pendaftar KIP Kuliah yang menanyakan terkait sinkronisasi tersebut. Mereka menanyakan apa tandanya sudah tersinkronisasi. Pertanyaan tersebut di akun Twitter Puslapdik @puslapdik.
@puslapdik untuk sinkronisasi kipk kuliah prosedurnya gimana ya? Dari kemarin tombol sinkron belum muncul, apakah daftar snm dulu baru salin nomor kipk atau tunggu sinkronisasi?,” tulis akun @jen***.

Maaf, hampir semua kendala hanya "bagaimana proses sinkronisasinya?", karena di laman KIP-K tidak ada untuk sinkronisasi ke akun LTMPT. Pun di laman SNMPTN tidak ada bagian KIP-K, tidak ada juga untuk sinkronisasi ke akun KIP-K, mohon kejelasannya,” tulis @gds***.

Mohon maaf bapak/ibu kolom sinkronisasi nya muncul kapan ya? Ini kita sudah menunggu sinkronisasi untuk mendaftar SNMPTN,” timpal @rea***.

Menanggapi banyaknya pertanyaan tersebut Puslapdik memberikan jawaban. Mereka menjelaskan bahwa sinkronisasi dilakukan secara berkala setiap hari.

Tenang, Sobat! Semuanya akan sinkron secara berkala setiap harinya! Jangan, bingung lagi ya,” tulis @puslapdik seperti dikutip Medcom.id, Kamis, 17 Februari 2022.

Pendaftaran KIP Kuliah sendiri sudah dimulai. Dan untuk pendaftaran melalui jalur SNMPTN juga sudah dibuka mulai 13 sampai 27 Februari 2022.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri)
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.   
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah

- Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah 2 Februari- 31 Oktober 2022
- SNMPN 7 Februari- 17 Maret 2022
- SNMPTN  13 Februari- 27 Februari 2022
- UTBK-SBMPTN 22 Maret- 14 April 2022
- SBMPN 5 April- 29 Juni 2022
- Seleksi Mandiri PTN 1 Juni 2022- 7 Oktober 2022
- Seleksi Mandiri PTS 8 Juni- 31 Oktober 2022

 

(RUL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id