comscore

Mengenal Membran Sel dari Telur Asin: Pengertian, Fungsi, dan Komponen Penyusun

Medcom - 28 Juni 2022 07:04 WIB
Mengenal Membran Sel dari Telur Asin: Pengertian, Fungsi, dan Komponen Penyusun
Ilustrasi telur asin. Freepik
Jakarta: Pernahkah Sobat Medcom melakukan praktik membuat telur asin di sekolah? Praktikum tersebut merupakan penerapan dari prinsip difusi.

Difusi adalah pergerakan partikel dari lokasi dengan konsentrasi partikel tinggi ke lokasi yang konsentrasi partikelnya rendah. Untuk memahami prinsip kerja difusi lebih lanjut, Sobat Medcom perlu memahami membran sel terlebih dahulu.
Melansir laman Zenius, berikut ulasan lengkap mengenai membran sel, mulai dari pengertian, fungsi, komponen penyusun, hingga keterkaitannya dengan prinsip difusi.

Pengertian Membran Sel

Membran sel adalah membran semipermeabel tipis yang mengelilingi sitoplasma untuk melindungi bagian dalam sel. Dikatakan semipermeabel karena membran ini hanya bisa dilewati oleh molekul atau zat tertentu.

Membran sel kerap dianggap sama dengan dinding sel, padahal keduanya jelas berbeda. Membran sel terdapat pada semua sel, baik hewan maupun tumbuhan. Sedangkan, dinding sel hanya dimiliki oleh sel tumbuhan.

Membran yang juga disebut membran plasma ini dapat berfungsi untuk mengontrol transportasi zat yang keluar dan masuk sel. Transportasi tersebut dibedakan menjadi transpor pasif yang tak membutuhkan energi, dan transpor aktif yang memerlukan energi.

Fungsi Membran Sel

Selain mengontrol transportasi zat, membran sel juga berfungsi melindungi keutuhan bagian dalam sel. Membran ini dapat menopang dan membantu mempertahankan bentuk sel.

Dalam hal ini, membran sel akan membiarkan zat tertentu masuk ke dalam sel. Namun, di sisi lain, membran sel juga menahan zat lain supaya tidak keluar dari sel.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id