comscore

Kesadaran Berbahasa Indonesia Harus Terus Dibangun

Ilham Pratama Putra - 29 Oktober 2021 11:32 WIB
Kesadaran Berbahasa Indonesia Harus Terus Dibangun
CEO Media Group Mirdal Akib dalam Festival Bahasa dan Sastra menyambut Bulan Bahasa (Bulbas) dan Sumpah Pemuda yang digelar Harian Media Indonesia. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Jakarta: CEO Media Group, Mirdal Akib menyebut bahasa Indonesia memiliki potensi menjadi bahasa Internasional. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar.

"Kita punya potensi menjadi bahasa internasional, minimal bahasa persatuan di Asia Tenggara sebagai negara dengan populasi terbesar," ujar Mirdal dalam Indonesia Sejati: Festival Bahasa dan Sastra 2021 Indonesia Berpuisi dan Lelang Puisi, Jumat, 29 Oktober 2021.
Menurutnya, masyarakat Indonesia harus mampu membangun kesadaran berbahasa Indonesia. Caranya, kata dia, melakukan pengayaan bahasa Indonesia dalam kegiatan sehari-hari.

Baca: Bahasa Indonesia Disebut Berpotensi Jadi Bahasa Internasional

Menurut Mirdal, untuk memperkuat dan memperkaya bahasa Indonesia bisa dimulai dengan menggaungkan bahasa daerah. Ia mengatakan, bahasa daerah bisa dijadikan bahasa Indonesia.

"Kita enggak memakai kekayaaan daerah yang digaungkan tadi dalam pengayaan dalam bahasa Indonesia sehingga bisa menjadi bahasa internasional," tuturnya.

Sayangnya, kata dia, sejumlah masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan bahasa asing untuk penamaan hal tertentu. Seperti kata tsunami dari Jepang yang dijadikan bahasa nasional.

"Ketika aceh dilandai badai besar, kita sebut tsunami. Tsunami bukan bahasa kita yang kita patenkan, itu bahasa Jepang. Berita palsu, hoaks, itu bahasa Inggris. kenapa kita tidak pakai pengayaan bahasa daerah kita, supaya tambah terus bahasa kita, sehingga menjadi bahasa yang diperhitungkan," tutur dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id