Sekolah Berprestasi Diminta Bina yang Belum Maju

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 21 Juni 2020 17:13 WIB
    Sekolah Berprestasi Diminta Bina yang Belum Maju
    Sekretaris Kemendikbud Ainun Naim. Foto: Zoom
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong sekolah dengan prestasi dan reputasi yang baik membantu sekolah lainnya yang masih tertinggal. Hal ini guna pemerataan peningkatan mutu sekolah.

    Sekertaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim menjelaskan banyak sekolah di Indonesia memiliki prestasi tingkat dunia. Namun, di sisi lain ada sekolah yang masih terus berjuang untuk meningkatkan mutu pendidikan mereka.

    "Yang kita maksudkan, sekolah yang maju hendaknya mengembangkan sekolah yang belum maju,” kata Ainun dalam Webinar, Sabtu, 20 Juni 2020.

    Menurut Ainun, sekolah berprestasi bisa melakukan kolaborasi dan melakukan pembinaan. Kolaborasi bisa dilakukan di seluruh jenjang, baik itu tingkat TK, SD, SMP SMA/K dan pendidikan informal.

    Baca: Masa Depan Bangsa Bergantung pada Hasil Pendidikan

    "Banyak sekolah yang bagus, yang maju kan kalau kita lihat kompetisi tingkat dunia sering kita menemukan murid kita menjadi juara, di berbagai ajang olimpiade, apakah matematika, fisika dan sebagainya, tetapi banyak juga sekolah kita yang belum memenuhi standar mutu pendidikan," ujarnya. 

    Pola kolaborasi atau pembinaan bisa dilakukan dengan beragam cara. Misalya, lewat program peningkatan kapasitas guru, pertukaran guru, sampai bertukar bahan ajar untuk memenuhi kebutuhan siswa. Ini juga bisa jadi salah satu bagian implementasi 'Sekolah Penggerak'.

    "Yang penting ada kerja sama antara sekolah yang berkualitas tinggi dengan sekolah yang masih harus bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan," terangnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id