Publik Diajak Menyumbang Ide Penanganan Korona

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 07 April 2020 07:22 WIB
    Publik Diajak Menyumbang Ide Penanganan Korona
    Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro. Foto: Tangkapan layar vide konferensi.
    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengajak publik untuk ikut berkontribusi dalam penanganan virus korona (covid-19) di Indonesia melalui kegiatan vertajuk Covid-19 INA IDEAthon. Kegiatan ini terbuka untuk umum.

    “Kami mengundang ide dari siapa pun, tidak harus pegiat teknologi, tidak harus dari dosen, peneliti, juga mengundang masyarakat umum untuk memberikan kontribusi dalam upaya penangan covid19, IDEAthon Innovation Covid-19," kata Bambang dalam konferensi video di Jakarta, Senin, 6 April 2020.

    Bambang mendorong penggunaan teknologi di era industri 4.0 dalam kegiatan ini. Mulai dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), sampai big data. Ide bisa berkaitan dengan pencegahan atau pengendalian virus, mitigasi masyarakat, dan manajemen pelayanan perawatan pasien.

    “Kemudian terkait keberlanjutan bisnis dan juga terkait pembelajaran jarak jauh," ujarnya.

    Bambang mencontohkan pengendalian virus bisa berupa tindakan pengamanan dan upaya pengendalian yang dapat diterapkan menggunakan teknologi baru untuk mengurangi penularan virus. Kemudian, manajemen pelayanan perawatan pasien ini bisa berupa gagasan yang dapat diambil untuk optimalisasi pelayanan dan perawatan pasien, serta cara melacak pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP).

    Sementara, dalam mitigasi masyarakat, publik bisa memberi masukan langkah untuk melayani masyarakat umum membantu kebutuhan sehari-hari, misalnya telemedicine pengiriman makanan, dan hal-hal penting lainnya. Sedangkan untuk keberlanjutan bisnis, ide bisa terkait bagaimana manajemen tenaga kerja yang efisien dan aman di tengah pandemi.

    Selanjutnya, ide untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) bisa berupa langkah mengatasi gangguan sistem pendidikan akibat pandemi. Bentuk idenya pun beragam bisa produk, platform, aplikasi berbasis web maupun mobile, solusi dan juga sistem.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id