PPDB DKI Tahap Akhir dan Harapan Mendapatkan Bangku Sisa

    Antara - 08 Juli 2020 15:26 WIB
    PPDB DKI Tahap Akhir dan Harapan Mendapatkan Bangku Sisa
    Sutiyati (47) bersama anaknya memantau terunggahnya berkas pendaftaran sekolah dalam sistem di Posko PPDB Jakarta Barat. Foto: ANT/Devi Nindy
    Jakarta:  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta tahap akhir menjadi asa terakhir bagi calon peserta didik yang ingin mendapatkan bangku sisa di sekolah negeri.

    Tak terkecuali bagi Sutiyati (47), ia datang sejak Rabu pagi mencari informasi tentang bangku kosong ke Posko PPDB Jakarta Barat untuk pendaftaran murid baru Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri (SLBN) di DKI Jakarta.

    "Mau daftar ke SLBN 6 Kembangan, karena dekat dengan rumah Saya di Cengkareng. Di website kuotanya tinggal satu, cuma ingin memastikan masih ada enggak SLB lain kalau untuk anak Saya," ujar Sutiyati.

    Sutiyati mengatakan, anaknya telah mengikuti sejumlah jalur pendaftaran untuk masuk SLBN 
    dan tergeser dari pilihan pertamanya di SLBN 01 Lebak Bulus, Jakarta.

    Baca juga:  Peneliti UI: PPDB DKI Berdasarkan Usia, Ini Langkah Baik

    Kemudian pada Rabu pagi sekitar pukul 10.00 WIB, dengan harap-harap cemas Sutiyati mendaftarkan anaknya lewat sistem PPDB daring.  Jalur tahap akhir merupakan pilihan terakhirnya, sebab sekolah anaknya sebelum itu merupakan sekolah milik yayasan yang tidak memiliki lembaga pendidikan luar biasa setara SMA.

    "Memang tadi Saya sempat ke SLBN 6 buat tanya-tanya, namun mereka tidak berani menerima kedatangan Saya. Terus saya ke Posko PPBD, tapi yang bisa kasih info SLB orangnya ada kegiatan di (kantor) Walikota Jakarta Barat, Saya mau langsung ke sana untuk ketemu langsung," kata dia.

    Pendaftaran PPDB di DKI Jakarta jalur tahap akhir tingkat SMA masih menyisakan 2.512 kursi yang tersebar di 115 SMA Negeri.  Jalur tahap akhir ini terbuka bagi calon peserta didik tingkat SMA yang berdomisili di Jakarta, lulus tahun 2020 dan belum diterima pada PPDB jalur sebelumnya.

    PPDB tingkat SMA jalur tahap akhir ini dibuka mulai 7 Juli 2020 pukul 08.00 WIB hingga 8 Juli 2020 pukul 15.00 WIB.  Kuota terbanyak berada di SMA Negeri 69 sebanyak 78 siswa, sedangkan kuota paling sedikit adalah SMA Negeri 99 sebanyak dua siswa.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id