comscore

Kamu Perlu Tahu, Ini 5 Tokoh Penting dalam Sejarah Kamus Bahasa Inggris

Citra Larasati - 15 Desember 2021 10:11 WIB
Kamu Perlu Tahu, Ini 5 Tokoh Penting dalam Sejarah Kamus Bahasa Inggris
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Berada di era yang serba global dan digital ini, keberadaan kamus bahasa Inggris versi daring atau online pasti sudah tidak asing lagi bagi Sobat Medcom.  Namun, sejarah kamus online ini tentu saja tidak dapat dilepaskan dari keberadaan kamus cetak sebelumnya.

Meski kamus online memiliki sejumlah kelebihan yang bisa diandalkan, seperti praktis juga memiliki fitur audio yang membuat penggunanya dapat membaca sekaligus mendengarkan pelafalannya yang tepat pada suatu kata.
Namun, generasi kekinian perlu mengenal sejarah kamus bahasa Inggris cetak yang pernah nge-hits dan wajib dimiliki pelajar saat pelajaran Bahasa Inggris di kelas sebelum era smartphone ada.

Lantas siapakah orang yang pertama menulis kamus bahasa Inggris?  Sebenarnya, topik ini merupakan salah satu topik yang sering diperdebatkan dan tidak sedikit orang memiliki versinya masing-masing. Dalam artikel yang dilansir dari laman Cakap.com kali ini, kita akan mengulik tokoh-tokoh penting yang berkaitan dengan sejarah perkembangan kamus bahasa Inggris pertama. 

1. Robert Cawdrey

Banyak tokoh pendidikan sepakat bahwa penulis kamus bahasa Inggris pertama adalah Robert Cawdrey yang diterbitkan pada tahun 1604. Namun, judul karya yang ditulis oleh Cawdrey tidak memiliki kata ‘dictionary’, melainkan berjudul ‘A Table Alphabeticall’. 

Meskipun Cawdrey memasuki sekitar 2.500 kata secara alfabetik, ia tidak menjelaskan etimologi, pengucapan, maupun penggunaan kata-kata tersebut. Baik judul maupun tidak tersedianya format kamus seperti yang kita kenal saat ini membuat tidak sedikit yang menganggap karya Cawdrey bukanlah kamus.

2. Henry Cockeram

Pada tahun 1623, Henry Cockeram menerbitkan ‘The English Dictionarie’ yang memuat sekitar 600 kata bahasa Inggris. Dalam halaman pembuka edisi pertama kamus ini, Cockeram menyatakan bahwa kamusnya dimaksudkan untuk membantu orang-orang memahami penulis terdahulu yang menggunakan bahasa Inggris. 

Baca juga:  7 Artis Korea dengan Skor Tes Bahasa Inggris Tertinggi, yang Mana Idolamu?

Kamus ini merupakan kamus bahasa Inggris pertama yang sudah menggunakan kata ‘dictionary’ pada judulnya. Meski demikian, The English Dictionarie juga mendapat banyak kritik salah satunya karena menyalin definisi yang ditulis oleh Robert Cawdrey. 

3. Nathan Bailey

Nathan Bailey menerbitkan ‘Dictionarium Britannicum’ pada tahun 1730 yang berisi sekitar 48.000 kata. Kamus ini adalah kamus bahasa Inggris paling populer dan paling komprehensif di antara kamus bahasa Inggris lainnya pada abad ke-18. Kamus ini adalah acuan yang digunakan oleh Samuel Johnson untuk merumuskan kamus miliknya yang terbit kemudian. 

‘Dictionarium Britannicum’ ditulis dengan menggunakan metode lebih baru di mana Bailey mengeksplorasi asal-usul kata dan petunjuk pelafalan. Selain itu, kamus ini tidak hanya memasukkan kata-kata sulit, namun juga dialek, slang, dan kata-kata yang bersifat tabu. 

4. Samuel Johnson

‘A Dictionary of the English Language’ yang ditulis oleh Samuel Johnson adalah kamus yang sering disebut sebagai kamus bahasa Inggris paling unggulan di masanya. Kamus ini merupakan karya individu Johnson bertahan sebagai kamus terbaik sebelum ‘Oxford English Dictionary’ diselesaikan 173 tahun kemudian. 

Kamus Johnson ini terbit pada tahun 1755 setelah memakan waktu pengerjaan selama tujuh tahun Sama dengan kamus-kamus lainnya, kamus Johnson pun banyak menuai kritik terkait etimologi sehingga ia harus melakukan revisi beberapa kali. 

5. London Philological Society

Kamus bahasa Inggris dengan format yang sudah jauh lebih sempurna adalah ‘Oxford English Dictionary’ yang diterbitkan oleh Oxford University Press pada tahun 1884. Tidak seperti namanya, awalnya kamus ini dicetuskan oleh sekelompok Masyarakat Filologi di London yang sama sekali tidak terkait dengan Oxford University. 

Meski demikian, sepanjang perjalanan penyempurnaan kamus ini pihak Oxford pun turut berpartisipasi, termasuk untuk penerbitan.  Salah satu sosok yang juga penting dalam penerbitan kamus ini adalah James Murray sebagai editor dari pihak Oxford University. 

Nama-nama di atas adalah tokoh yang dianggap paling berpengaruh dalam perkembangan kamus bahasa Inggris dari masa ke masa. Seiring berjalannya waktu, hasil jerih payah mereka pun terus dikembangkan seiring perubahan zaman dan perkembangan teknologi.  Hasilnya, saat ini kita bisa mengakses kamus bahasa Inggris dalam format digital secara online dan praktis.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id