comscore

Kemendikbudristek Mesti Curi Momentum Hardiknas

Ilham Pratama Putra - 03 Mei 2022 11:27 WIB
Kemendikbudristek Mesti Curi Momentum Hardiknas
Ilustrasi PTM di Kota Malang. Branda Antara
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) diharapkan mampu mencuri momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Utamanya dalam menghidupkan pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.

"Kemendikbudristek memiliki kesempatan untuk menghidupkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan membumikan Pancasila di sekolah," kata Sekjen Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, Ki Saur Panjaitan, dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 Mei 2022.
Saur menyebut dengan menghidupkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan membumikan Pancasila di sekolah diharapkan lahir pemimpin Indonesia yang terbaik. Yaitu pemimpin yang berbudi luhur, berbudaya tinggi, dan bermasyarakat gotong royong pada 2025 hingga 2045.

"Agar di 2025 hingga 2045 di mana Indonesia berada di puncak transisi demografi, kita mendapat bonus, bukan bencana (demografi)," tutur dia.

Saur menyebut pemikiran Ki Hadjar Dewantara    menjawab pertanyaan, “Mau dibawa ke mana pendidikan Indonesia?". Dengan kata lain, Manusia macam apa yang ingin dihasilkan Pendidikan Indonesia demi kelangsungan eksitensi bangsa dan negara Indonesia.

Dia menyebut Ki Hadjar Dewantara telah merajut dalam manusia yang merdeka pikirannya, bahagia jiwanya, sehat, sejahtera hidupnya. Hal itu perwujudan visi kemerdekaan, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

"Pertanyaannya berikutnya, guru-guru macam apa yang bisa membelajarkan anak untuk mencapai tujuan tersebut? Ki Hadjar Dewantara juga sudah punya jawabannya, guru pemimpin. Bagi Ki Hadjar Dewantara, guru adalah pemimpin. Ing Ngarsa Sung Tuladha, ing madya mangun karsa dan Tut Wuri Handayani," tutur dia.

Baca: Hardiknas Perlu Hidupkan Kembali Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Soal Budaya Pancasila
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id