comscore

Terjawab, Ini 3 Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api

Medcom - 01 Juli 2022 15:59 WIB
Terjawab, Ini 3 Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Saat menaiki moda transportasi tentu kita berharap tidak melewati jalan berkerikil yang memusingkan kepala. Namun, ternyata ada salah satu transportasi darat yang justru membutuhkan kerikil di sekitar lintasannya.

Kereta api, adalah transportasi yang identik dan menggunakan kerikil di sisi kanan atau kiri rel, bahkan kerikil juga ada di ruang tengah antara dua sisi rel. Tapi, penempatan kerikil di rel kereta api tidak sembarangan, bahkan memiliki fungsi tersendiri lho. Simak penjelasan yang dilansir dari laman Ruangguru.

Berikut Fungsi Kerikil yang Ada di Rel Kereta Api:

1. Menambah Tinggi Struktur Tanah pada Rel

Pertama, kerikil bisa menambah ketinggian struktur tanah.  Adanya kerikil di rel kereta untuk menambah tingginya struktur tanah. Sehingga, rel tidak mudah tergenang air saat hujan turun.
Air yang tergenang di rel sudah pasti akan mengganggu perjalanan kereta. Tentu, akan merugikan kamu sebagai penumpang yang mengharapkan perjalanan mulus.

2. Stabilitas Lintasan Kereta Api Terjaga

Rel kereta tidak hanya terdiri dari besi, ada juga bantalan kayu yang menyatu. Nah, fungsi kerikil adalah untuk membantu balok kayu agar tidak bergeser. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jika balok kayu bergeser, otomatis jalur besi juga akan mudah bergeser dan berpotensi menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Hempas Tanaman Liar

Fungsi ketiga kerikil adalah untuk mencegah tumbuhnya tanaman liar di sepanjang lintasan kereta. Rel yang dibangun di atas tanah memungkinkan tanaman tumbuh dengan mudah. 
Maka dari itu, fungsi kerikil adalah untuk menghambat pertumbuhan bibit tanaman liar.

Namun, tidak semua lintasan rel kereta api menggunakan kerikil. Contohnya perlintasan di atas sungai atau jembatan yang menambah besi untuk menguatkan bantalan rel. (Arbida Nila)

Baca juga: Tips Wawancara Kerja di Kedubes AS, Hati-hati Menjawab Pertanyaan Ini

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id