LLDikti: Kuliah Tatap Muka Diprediksi Tak Serentak

    Ilham Pratama Putra - 26 November 2020 15:29 WIB
    LLDikti: Kuliah Tatap Muka Diprediksi Tak Serentak
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta, Agus Setyo Budi memperkirakan tidak semua kampus di Jakarta mampu membuka perkuliahan tatap muka secara bersamaan.  Menurutnya, hal itu karena tingkat kemampuan dan kesiapan kampus berbeda-beda.

    "Ini kan sedang kita observasi, kita survei tingkat kesiapannya sampai di mana. Jadi bukan tidak mungkin, (ada yang buka) dia mundur juga dari Januari nantinya," terang Agus di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis 26 November 2020.

    Terlebih banyaknya syarat dan ketentuan dalam pembukaan kampus. Pihaknya menyebut kesiapan kampus dalam membuka perkuliahan tatap muka harus dijalankan dengan protokol yang ketat.

    "Tingkat persiapannya itu bener-bener harus maksimal. Contoh di kampus sudah cukup apa enggak fasilitas cuci tangannya, hand sanitizer-nya itu bukan hal yang mudah," terangnya.

    Baca juga:  Politeknik Jadi Prioritas Kuliah Tatap Muka di Januari 2021

    Kemudian kampus juga harus mempersiapkan ruang kelas yang hanya boleh diisi setengah dari kapasitas. Hingga jika dilakukan pembukaan, model apakah yang akan dipakai.

    "Mau dibikin hybrid dulu, simulasi dulu misal 100 datang 200 masih daring. Yang datang kita lihat berjarak, ruangan diisi 50 persen ini kan fasilitas begini tidak mudah," ungkapnya.

    Seterusnya, dia juga meminta kampus menyiapkan Satgas covid-19 internal. Hal ini berguna untuk mengawasi aktivitas dalam kampus dan melaporkan jika terdapat kasus covid-19 di lingkungan kampus.

    "Pengawasannya nanti dari Satgas internal kampus. Kayak Pemprov DKI kan Satpol PP-nya mutar, ada kerumunan dibubarkan. Ini satgas covid internal campus, otomatis perguruan tingginyanya minta kebenaran dari satgas. Satgas nanti yang akan memonitor, jika ada pelanggaran pasti akan disetop," pungkasnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id