Transformasi IAIN Jadi UIN, Pengembangan 5 Fakultas Ini Hukumnya Wajib

    Arga sumantri - 23 Februari 2021 14:08 WIB
    Transformasi IAIN Jadi UIN, Pengembangan 5 Fakultas Ini Hukumnya Wajib
    Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Ali Ramdhani. Dok Kemenag.



    Jakarta: Transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) telah berlangsung dalam dua dekade terakhir. Saat ini, sejumlah IAIN juga dalam proses transformasi, salah satunya IAIN Padangsidimpuan, Sumatra Utara (Sumut).

    Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) M Ali Ramdhani mengingatkan bahwa proses transformasi harus menjamin pengembangan lima fakultas keagamaan Islam. Kelimanya adalah Fakultas Ushuluddin, Syariah, Tarbiyah, Adab, dan Dakwah atau disingkat USTAD.




    "USTAD adalah salahsatu prinsip fundamental yang harus dipegang kokoh setiap PTKI. Inti dari IAIN dan UIN itu adalah USTAD," kata Ali mengutip siaran pers Kemenag, Selasa, 23 Februari 2021.

    Ali menjelaskan, USTAD tidak boleh ditinggalkan dan ditanggalkan ketika proses transformasi IAIN menuju UIN. Ia menilai program unggulan Ma'had Jami'ah yang ada di IAIN Padangsidimpuan adalah ikon USTAD yang mencerminkan keislaman dalam jati diri kampus di Kota Salak ini. 

    "Ini tidak boleh ditinggalkan. Saya ingin mengingatkan bahwa USTAD tidak boleh ditinggalkan," paparnya.

    Baca: Penjelasan Rektor UIN Jakarta Terkait Pencobotan Jabatan 2 Wakil Rektor

    Dukungan proses transformasi IAIN Padangsidimpuan juga datang dari Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasopang. Dia mendukung transformasi IAIN Padangsidimpuan menjadi Universitas.

    "Sebagai putra dari Tapanuli Bagian Selatan, saya berharap dengan kehadiran Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, maka IAIN Padangsidimpuan segera alih status menjadi UIN Padangsidimpuan," kata Marwan.

    Rektor IAIN Padangsidimpuan Ibrahim Siregar melaporkan bahwa pihaknya saat ini terus berusaha mempersiapkan setiap tahapan proses alih status menuju Universitas Islam Negeri (UIN). Menurutnya, sejak berstatus Sekolah Tinggi, hingga bertransformasi menjadi Institut, kampus yang dipimpinnya sudah banyak mencapai kemajuan dan prestasi baik tingkat lokal, nasional hingga internasional.

    Atas nama segenap sivitas akademika IAIN Padangsidimpuan, Ibrahim Siregar juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama atas terbitnya izin operasional empat Program Studi (Prodi), yaitu: Manajemen Keuangan Syariah; Akuntansi Syariah; Manajemen Bisnis Syariah, pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Prodi Hukum Keluarga Islam pada Fakultas Ahwal Syakhsiyah di Program Pascasarjana.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id