comscore

Prodi Kimia Unpad Raih Akreditasi 'Royal Society of Chemistry', Ini Manfaatnya Bagi Lulusan

Citra Larasati - 02 November 2021 11:42 WIB
Prodi Kimia Unpad Raih Akreditasi Royal Society of Chemistry, Ini Manfaatnya Bagi Lulusan
Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad
Jakarta:  Program Studi Sarjana Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran (Unpad) Unpad meraih akreditasi internasional dari lembaga akreditasi khusus bidang kimia “Royal Society of Chemistry” (RSC), pekan lalu.  Akreditasi dari lembaga akreditasi internasional yang berbasis di Inggris tersebut merupakan kali pertama yang dilakukan Kimia Unpad.

Ketua tim akreditasi RSC Kimia Unpad Juliandri mengatakan, proses persiapan akreditasi berlangsung cukup panjang.  “Kurang lebih dua tahun kita persiapkan itu,” ujar Juliandri dalam keterangan tertulis Unpad, Selasa, 2 November 2021.
Sebagai lembaga akreditasi khusus di bidang kimia, RSC menetapkan berbagai indikator konten yang harus ada dalam kurikulum pembelajaran. Lembaga tersebut juga meminta Kimia Unpad untuk merancang kurikulum lebih detail.

“Di dalam kurikulum memuat capaian pembelajaran lulusan, capaian pembelajaran mata kuliah, sampai ke per mata kuliah. Kemudian course outcome-nya seperti apa, sampai ke soal ujian dan jawaban dosen itu disinkronisasikan dengan capaian pembelajaran mata kuliah dan lulusan,” paparnya.

Dengan materi sedetail itu, lanjut Juliandri, Kimia Unpad terus melakukan persiapan secara berkelanjutan. Pengajuan borang sendiri sudah dilakukan pada pertengahan Juli 2021 lalu. 

Kemudian, proses asesmen telah dilakukan secara virtual pada 8 September 2021 lalu.
Lebih lanjut Juliandri menjelaskan, proses akreditasi tersebut tidak selesai saat pengumuman keluar. 

Baca juga:  Membedah Temuan Penerima Nobel Kedokteran 2021

Ada sejumlah rekomendasi yang perlu diperbaiki oleh Kimia Unpad dalam satu tahun ke depan.  Rekomendasi tersebut di antaranya restrukturisasi kurikulum dengan mengubah sejumlah mata kuliah pilihan menjadi mata kuliah wajib, penilaian program kerja lapangan harus lebih jelas dan terukur, hingga terkait dengan pedagogi, pelatihan, dan kelengkapan peralatan laboratorium.

Diharapkan, dalam setahun ke depan, rekomendasi tersebut sudah selesai diperbaiki. “Kita akan terus meningkatkan program-program kita sesuai rekomendasi RSC. Yang paling bagus ketika sudah tidak ada rekomendasi, berarti semuanya sudah benar dan tepat,” kata Juliandri.

Manfaat bagi Lulusan

RSC sendiri merupakan satu-satunya lembaga global yang melakukan akreditasi khusus untuk bidang kimia. Dengan perolehan akreditasi ini, ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh Kimia Unpad.

Juliandri menuturkan, hal ini menjadi nilai tambah bagi lulusan Kimia Unpad saat terjun di dunia kerja. Akreditasi ini dapat berikan manfaat kepada lulusan. 

Lulusan bisa diakui secara internasional. Lembaga RSC juga memberikan sejumlah fasilitas kepada Unpad. 

Untuk tahun pertama, RSC memberikan layanan akses jurnal gratis yang bisa dilanggan oleh dosen. Kimia Unpad juga diberikan kemudahan untuk akses hibah (grant) yang diberikan RSC. Selain itu, Kimia Unpad juga bisa menguatkan jejaring dengan jurusan kimia lain yang ada di dunia.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id