Fakultas Kehutanan Unilak Pekanbaru Dapat Dana Hibah Kemendikbudristek

    Antara - 12 Juni 2021 17:18 WIB
    Fakultas Kehutanan Unilak Pekanbaru Dapat Dana Hibah Kemendikbudristek
    Foto bersama peserta FGD di Unilak Riau. Foto: Dok Antara



    Pekanbaru: Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau mendapat hibah program studi menjadi model Center Of Excellence, program 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka' (MKKM)dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Unilak menjadi penerima bersama 31 kampus lainnya di Indonesia.

    "Setelah proposal program bantuan yang mereka ajukan ke Kemendikbudristek disetujui, sehingga program studi di perguruan tinggi tersebut didanai dan diundang untuk mengikuti bimbingan teknis program bantuan program studi menjadi model CoE," kata Dekan Fakultas Kehutanan Unilak Pekanbaru, Emy Sadjati dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu, 12 Juni 2021.

     



    Dia mengatakan Fakultas Kehutanan Unilak merupakan bagian dari 71 prodi (dengan 233 skema proposal namun lolos 32 proposal) saja di seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang bersaing ketat.

    Dengan program tersebut, Unilak berencana mengajukan tujuh kegiatan dari April-November 2021, meliputi pengembangan kurikulum MBKM diawali dengan FGD, penyusunan pedoman pelaksanaan MBKM, dan kerja sama implementasi MBKM, lokakarya kurikulum Prodi Kehutanan berorientasi MBKM. 

    Baca: Kampus Mengajar Kembali Dibuka di 6.775 Sekolah

    Kemudian, pelaksanaan magang/praktik kerja mahasiswa, implementasi pertukaran mahasiswa dan sosialisasi program MBKM Prodi Kehutanan kepada tiga prodi lain di Unilak.

    "Karena itu Unilak menggelar kegiatan fokus diskusi grup dengan narasumber dosen Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University Dr Lailan Syaufana perwakilan Balai Diklat KLHK Dr Slamet Wahyudi, perwakilan PT Arara Abadi Ir. Agus Budi Ikhtiar, dengan peserta dan Fakultas Kehutanan Unilak dan dibuka oleh Rektor Unilak Dr Junaidi," terangnya.

    Rektor Unilak Pekanbaru Junaidi menyebutkan keberhasilan Fakultas Kehutanan mendapatkan hibah tentunya menjadi kesempatan baik untuk percepatan kemajuan prodi lainnya di Unilak. Keberhasilan ini tentunya menjadi model percontohan pelaksanaan kurikulum 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka' di Unilak. 

    "Saya minta Dekan 1 Fahutan (Fakultas Kehutanan) Ambarita segera melakukan 'roadshow' sosialisasi MBKM di seluruh prodi di Unilak," kata Junaidi.

    Lailan Syaufana dari IPB University mengatakan sesuai visi misi Unilak, sekaligus menjadi profil lulusan, harus dirumuskan capaian prodi pembelajaran karena saling berkaitan. Apalagi, kata dia, visi misi Fakultas Kehutanan memiliki nilai-nilai budaya Melayu menjadi sesuatu yang khas.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id