STIP Kemenhub Siapkan Kurikulum Kekinian untuk Cetak SDM Andal

    Antara - 21 Juli 2021 20:22 WIB
    STIP Kemenhub Siapkan Kurikulum Kekinian untuk Cetak SDM Andal
    Kampus STIP Kemenhub. Foto: ANT



    Jakarta:  Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran/STIP Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Program Magister Terapan (S-2) menyiapkan sejumlah kurikulum terkini.  Sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) transportasi andal yang langsung dapat terserap oleh dunia kerja.

    Ketua STIP Jakarta Kementerian Perhubungan, Amiruddin mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan tim Program S2 STIP Jakarta dengan matang, dan diisi oleh para profesional di bidangnya.  Tidak hanya dari dalam negeri namun juga dari luar negeri.

     



    "Mulai dari ahli pendidikan, ahli di bidang transportasi laut, pelaku usaha, perwakilan dari regulator dan operator, hingga mendatangkan guru tamu dari World Maritime University, Sweden," kata Amiruddin dalam siaran pers di Jakarta, Rabu, 21 Juli 2021.

    Dikatakannya pada program S2 yang terdiri atas dua Program Studi (Prodi) yaitu Pemasaran Inovasi dan Teknologi Program Magister Terapan (M.Tr.M) dan Teknik Keselamatan dan Resiko Program Magister Terapan (M.Tr.T), mahasiswa akan mendapatkan pelajaran empat semester dengan total satuan kredit semester (SKS) sebanyak 48 dan 49.

    Terkait kurikulum yang akan didapat oleh calon mahasiswa, kata Amiruddin, pada prodi Pemasaran, Inovasi dan Teknologi mahasiswa di semester pertama akan mendapatkan sejumlah mata kuliah. Seperti Pemasaran dan Branding yang berfokus pada Pelanggan, Manajemen Logistik dan Rantai Pasok dan Metodologi Penelitian Bidang Pemasaran, Inovasi dan Teknologi.

    Pada semester kedua mata kuliahnya akan mendapat mata kuliah Manajemen Perancangan Pemodelan Sistem Informasi Kepelabuhanan, Manajemen Pemeliharaan dan Perbaikan Fasilitas Pelabuhan dan Manajemen Pelayanan Kapal dan Barang.

    "Lalu di semester ketiga akan mendapatkan mata kuliah di antaranya Inovasi Bisnis Rintisan, Aplikasi Pemasaran Digital dan Teknologi Kewirausahaan. Sedangkan pada semester empat akan difokuskan untuk penyelesaian tesis," sebut Amiruddin.

    Baca juga:  Mahasiswa IPB Buat Aplikasi Pelaporan Kekerasan Seksual

    Untuk prodi Teknik Keselamatan dan Risiko, ia juga menjelaskan para mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah Keselamatan Kerja dan Risiko Pengoperasian Kapal, Keselamatan dan Risiko Pelayaran dan Keselamatan dan Risiko Pengelolaan Kepelabuhanan di semester pertama.

    "Di semester dua mata kuliahnya di antaranya Manajemen Analisa Situasi Darurat dan Deteksi Kegagalan, Sistem Keselamatan Pelayaran dan Pemodelan Sistem Informasi Keselamatan dan Risiko. Sedangkan di semester ketiga di antaranya mata kuliahnya Asuransi Maritim Risiko dan Safety and Risk Investigation," imbuhnya.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id