BPPT Luncurkan Inovasi Hunian Tahan Gempa

    Intan Yunelia - 22 Mei 2019 19:41 WIB
    BPPT Luncurkan Inovasi Hunian Tahan Gempa
    Kepala BPPT, Hammam Riza, BPPT/Humas.
    Jakarta: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan inovasi rumah tahan gempa. Hunian tersebut bernama Bale Kohana.

    Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan inovasi ini bagian prioritas BPPT mengingat rentetan bencana gempa bumi terjadi di 2018. Gempa seringkali menimbulkan kerusakan bangunan yang berujung pada timbulnya korban jiwa.

    “Risiko bencana gempa bumi khususnya yang mengakibatkan kerusakan bangunan perlu diantisipasi, dengan hunian atau rumah yang didesain tahan terhadap gempa. Baik secara struktur, konstruksi dan material,” kata Hammam di Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.

    Ia melanjutkan, sejumlah negara yang rawan bencana khususnya gempa sudah mengantisipasi hal tersebut jauh-jauh hari sebelumnya. Sebut saja Jepang, yang saat ini hunian masyarakatnya rata-rata sudah rumah khusus tahan gempa.

    Indonesia pun saat ini akan memulai hal tersebut. Agar ketika bencana terjadi, warga yang masih berada di rumah masih bisa terselamatkan dari gempa bumi.

    Baca:  Menristekdikti Puji e-Voting Inovasi BPPT

    Oleh karena itu BPPT melalui Pusat Teknologi Material (PTM) membuat desain dan pengembangan bangunan rumah komposit dengan konsep cepat bangun sejak 2016 lalu.  “Ini merupakan salah satu upaya BPPT dalam memberikan solusi teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pencegahan, penanganan, dan pemulihan korban akibat bencana gempa bumi,” paparnya.

    Ia menuturkan,  BPPT telah didukung oleh mitra industri, dalam hal ini PT. Bondor Indonesia dan PT. Tata Logam Lestari. Dalam penyediaan komponen bangunan prototipe pertama Bale Kohana.

    “Ini merupakan upaya BPPT untuk mempercepat terwujudnya inovasi konstruksi bangunan tahan gempa dan tahan api cepat bangun, mampu memberikan kontribusi dalam penyediaan rumah tahan gempa yang cepat bangun bagi masyarakat,” tuturnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id