Guru Madrasah Ini Lulus S2 Tercepat dan Cum Laude di UIN Yogyakarta

    Citra Larasati - 30 Juni 2021 10:06 WIB
    Guru Madrasah Ini Lulus S2 Tercepat dan <i>Cum Laude</i> di UIN Yogyakarta
    Elfa Tsuroyya, guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Sleman. Foto: Dok. Kemenag.



    Jakarta:  Elfa Tsuroyya, guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Sleman meraih predikat lulus tercepat dan yudisium Cum laude dalam Program Beasiswa Pascasarjana Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag).  Elfa mengambil kuliah Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

    Penelitian tesisnya berjudul, “Peran MGMP SKI Madrasah Aliyah dalam Implementasi KMA 183 dan KMA 184 tahun 2019”.  Elfa berhasil menyajikan data penelitian dengan baik dan memperoleh nilai sempurna A.

     



    Atas perolehan tersebut ia mendapatkan predikat tercepat dan Cum laude dengan IPK 3.96.  Kepada Humas, Elfa berbagi cerita bahwa dirinya adalah mahasiswa program beasiswa Strata 2 bagi guru dan calon pengawas madrasah Angkatan 2019.

    "Alhamdulillah, saya  selesaikan masa studi saya dalam kurun waktu 20 bulan dua hari, lebih cepat empat bulan dari waktu yang ditentukan," terangnya di Yogyakarta, Rabu, 30 Juni 2021.

    Elfa mengaku bersyukur atas capaian studinya. Apalagi, hal itu ditempuh dengan segala keterbatasan kegiatan kuliah karena pandemi.

    Capaian ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, Elfa juga telah menyelesaikan studinya pada program magister jurusan Manajemen Pendidikan dalam waktu 19 bulan. "Motto saya, 'jika berani mengajar maka jangan pernah berhenti belajar'," tuturnya.

    Baca juga:  Usia 9 Tahun, Siswa Madrasah Ini Sudah Hafal Al-Qur'an

    Karena itu, Elfa mengaku tidak pernah bosan untuk terus meng-upgrade ilmunya dengan kuliah di berbagai disiplin ilmu. Dia berharap hal itu akan mendukung profesinya sebagai guru di Kementerian Agama.

    Elfa saat ini tercatat sebagai salah satu guru PAI di MAN 3 Sleman Yogyakarta. Selain sebagai guru, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan kepenulisan, penyusunan buku bahan ajar, tim pegembang kurikulum Direktorat KSKK Madrasah, dan Instruktur Nasional PAI Direktorat GTK. Elfa juga aktif di organisasi profesi MGMP.

    Prestasi Elfa diapresiasi Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Kemenag, M Zain. Dia berharap prestasi ini bisa menginspirasi guru lainnya yang ikut program beasiswa agar selesai tepat waktu.

    "Selain tercepat, juga Cum laude. Ini prestasi membanggakan dan patut diapresiasi," ujarnya.

    Zain menambahkan, Ditjen Pendidikan Islam dalam beberapa tahun terakhir memberikan kesempatan kepada para guru dan calon pengawas untuk dapat mengikuti pendidikan Pascasarjana. Progran ini bertujuan memfasilitasi mereka untuk memenuhi kualifikasi dan kompetensi akademik sebagai tenaga pengajar dan pengawas di madrasah.

    "Kami bekerja sama dengan sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Negeri dan Swasta, juga Perguruan Tinggi Umum. Salah satunya adalah FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta," tandasnya.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id