comscore

UBL Kukuhkan Selamet Riyadi Sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen

Arga sumantri - 16 November 2021 21:17 WIB
UBL Kukuhkan Selamet Riyadi Sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen
Pengukuhan Prof. Dr. Drs. Selamet Riyadi, M.Si sebagai guru besar Ilmu Manajemen Universitas Budi Luhur (UBL). Foto: Humas UBL.
Jakarta: Universitas Budi Luhur (UBL) mengukuhkan Selamet Riyadi sebagai Guru Besar Tetap bidang Ilmu Manajemen. Pengukuhan dilakukan lewat sidang senat terbuka secara bauran, Selasa, 16 November 2021, di Graha Mahardika Bujana, Jakarta.

Selamet Riyadi merupakan dosen Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur. Pada upacara pengukuhan Selamet mengangkat orasi ilmiah dengan judul 'Transformasi Perbankan Syariah di Indonesia: Upaya Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional'.

 



Selamet mendorong perbankan syariah melakukan transformasi yang berperan dalam perekonomian Indonesia dan pembangunan sosial. Menurutnya, apabila dua hal tersebut diterapkan Bank Syariah Indonesia, maka membantu kesejahteraan masyarakat nasional.

"Perbankan syariah harus melakukan transformasi menjadi perbankan syariah yang berdaya saing tinggi dan berperan lebih nyata pada perekonomian nasional dan pembangunan sosial di Indonesia," kata Selamet dalam keterangannya, Selasa, 16 November 2021.

Baca: Digitalisasi Pendidikan Bisa Terwujud Bila Cyber Pedagogi dan Teknologi Terintegrasi

Perbankan syariah Indonesia, kata dia, diharapkan menjadi perbankan yang terdepan dalam menjalankan layanan keuangan yang berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Selain itu, mampu menerapkan prinsip Creating Shared Value (CSV) yang sejatinya merupakan esensi dasar dari penerapan Maqashid Syariah dalam ekonomi Syariah.

Selamet juga membeberkan lima kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang bankir: Pertama leadership, kedua managerial, ketiga people manager, keempat thinking, kelima technical. Ia menambahkan, peningkatan skill yang terus-menerus akan menjadi tuntutan transformasi yang ada saat ini, setiap orang harus memiliki learning agility.

Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino berharap pengukuhan Selamet memberikan energi baru di lingkungan kampus Budi Luhur dan menjadi promotor dalam membuka program studi doktoral manajemen di Universitas Budi Luhur.

"Karena kita punya dua guru besar ilmu manajemen, Prof. Selamet dan Prof. Setyani Dwi Lestari ME menjadi promotor. Mudah-mudahan dengan waktu singkat tentunya menjadi kekuatan baru dan tempa masyarakat Indonesia bisa berpendidikan doktoral," kata Wendi.

Baca: Dorong Digitalisasi Kampus, Kemendikbudristek Bersama Telkom Hadirkan TeSCA

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Agus Setyo Budi mengatakan, sebagai guru besar harus menjadi suri teladan dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

"Harga diri seseorang itu ada di ucapan dan tindakan terkait guru besar ini tidak dinamakan dosen besar. Guru besar hakikatnya memang bersangkutan sebagai guru dan pendidikan dan juga peneliti. Karya penelitiannya ditunggu masyarakat. Tiga hal itu yang melekat," kata Agus.

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro mengucapkan selamat atas pengukuhan Prof Selamet sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen di Universitas Budi Luhur. Ia berharap Selamet mendorong para dosen yang bergelar doktor untuk diarahkan dan dibimbing meraih gelar profesor.

"Pengukuhan guru besar Prof Selamat Riyadi ini mendukung kualitas dalam kegiatan Universitas Budi Luhur tercinta. semoga ini menjadi tradisi setiap tahun melahirkan guru besar. Universitas Budi Luhur memiliki 80 doktor yang siap menjadi bagian profesor," ucapnya.

Dengan hadirnya dua guru besar ilmu manajemen, yakni Selamet Riyadi, dan Setyani Dwi Lestari, dapat membuka program studi (S3) doktoral manajemen di Universitas Budi Luhur. Pendaftaran mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat menghubungi info PMB bit.ly/TanyaPMB atau DM Instagram @kampusbudiluhur.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id