Pengamat: Kritisi Pidato, Cubitan Sayang untuk Mas Nadiem

    Citra Larasati - 27 November 2019 18:38 WIB
    Pengamat: Kritisi Pidato, Cubitan Sayang untuk Mas Nadiem
    Lembar kedua naskah pidato Mendikbud, Nadiem Makarim yang dikritisi melalui coretan tulisan tangan. Foto: Twitter
    Jakarta:  Cuitan yang berisi kritik terhadap isi naskah Pidato Mendikbud, Nadiem Makarim di Hari Guru lalu sudah dua hari ini meramaikan jagad Twitter.  Kritikan yang diekspresikan melalui foto tulisan tangan di atas naskah pidato ini pun mengundang perhatian banyak pihak, tak terkecuali akademisi.

    Pengamat pendidikan Universitas Paramadina, Totok Amin Soefijanto menilai, cuitan dan coretan kritis yang disampaikan pemilik akun Twitter @trendingtopiq terhadap pidato Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim yang disampaikan untuk Hari Guru Nasional 2019 lalu merupakan wujud tanda cinta pemilik sekaligus penulis kritikan pada guru di Indonesia.

    "Coretan tersebut menunjukkan kecintaan yang bersangkutan (pemilik akun @trendingtopiq) pada guru, meskipun (disampaikan) agak keras," kata Totok saat dihubungi Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 27 November 2019.

    Totok mengatakan, bahwa kritikan tersebut sah-sah saja dan tidak masalah untuk dilakukan.  Bahkan boleh jadi, hal itu menjadi pengingat sekaligus tanda sayang pemilik akun terhadap Mendikbud.

    "Tidak apa-apa, itu cubitan sayang buat Mas Mendikbud," imbuh Totok.

    Di sisi lain, Dosen dan peneliti Universitas Paramadina ini menilai pidato Nadiem sudah sangat baik dari sisi komunikasi publik.  Dalam pidato, kata Totok, masyarakat diajak untuk menghargai guru.

    "Di saat yang sama, ini bentuk apresiasi, simpati, dan empati Mas Menteri kepada guru yang sudah mengabdi hingga kini," terang Totok.

    Sebelumnya, sebuah cuitan yang berisi kritikan atas pidato Mendikbud, Nadiem Makarim yang disampaikan di Hari Guru Nasional (HGN) 2019 viral di Media Sosial sejak kemarin, Selasa, 26 November 2019. Unggahan foto yang berisi coretan tulisan tangan bertinta merah di atas dua lembar naskah pidato Nadiem ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @trendingtopiq.
     
    Dalam unggahan dua foto tersebut disertai cuitan Ahmad Taufiq (pemilik akun) yang berbunyi "Pak Nadiem masih bingung menempatkan diri, mau jadi menteri atau anarko-sindikalis :(".  Cuitan Taufiq yang diunggah kemarin, hingga hari ini, Rabu, 27 November 2019 ini telah mendulang 598 kali retweet, 1.138 like, dan 90 komentar.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id