Skema Transfer Langsung Disebut Percepat Penyaluran Dana BOS

    Ilham Pratama Putra - 25 Februari 2021 19:31 WIB
    Skema Transfer Langsung Disebut Percepat Penyaluran Dana BOS
    Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar YouTube



    Jakarta: Mulai 2020, penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) disalurkan melalui skema transfer. Dana BOS diberikan melalui rekening kepala sekolah atau satuan pendidikan.

    Sebelumnya, penyaluran dana BOS diberikan melalui kepala daerah. Skema transfer langsung ini diklaim membuat penyaluran dana BOS semakin cepat.






    "Kita berhasil mengurangi keterlambatan pengiriman dana BOS," kata Mendikbud Nadiem Nakarim dalam konferensi pers daring dengan tajuk Sosialisasi Kebijakan BOS dan DAK Fisik 2021, Kamis, 25 Februari 2021.

    Nadiem mengatakan, jika peningkatan kecepatannya mencapai 32 persen, atau rata-rata tiga pekan lebih cepat. "Rata-rata tiga minggu lebih cepat dibandingkan dengan tahun 2019. Ini dampak luar biasa," ujarnya.

    Baca: Alokasi Anggaran Dana BOS 2021 Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

    Percepatan penyaluran ini, kata Nadiem, juga menghilangkan kasus sekolah meminjam uang kepada orang tua. Saat ini, menurut dia, sekolah memiliki ketersediaan anggaran dengan tepat waktu untuk menunjang kualitas pendidikan.

    Nadiem menyatakan jika skema transfer ini juga diapresiasi oleh pemerintah daerah. "Jadi ini adalah suatu breakthrought policy yang kita lakukan. Sebelumnya di tahun 2020 dan ini menjadi motivasi untuk Kemendikbud terus melakukan optimalisasi daripada reformasi kebijakan anggaran," terang Nadiem.

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BPS) pada 2021. Tahun ini, alokasi anggaran dana BOS sebesar Rp52,5 triliun untuk 216.000 satuan pendidikan.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id