Kemendikbud Luncurkan Tiga 'Alat Pantau' Kinerja Perguruan Tinggi

    Ilham Pratama Putra - 05 Maret 2021 11:28 WIB
    Kemendikbud Luncurkan Tiga 'Alat Pantau' Kinerja Perguruan Tinggi
    Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemendikbud, Nizam. Foto: Zoom



    Jakarta:  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan tiga program berupa aplikasi.  Tiga aplikasi ini bakal menjadi alat pemantau kinerja perguruan tinggi.

    Adapun ketiga aplikasi tersebut ialah Sistem Pelacakan Secara Mandiri Penilaian Angka Kredit (Selancar PAK) Dosen, Dasbor Indikator Kerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Command Center Dikti. Hal ini dinilai bakal mempermudah pihak Kemendikbud dalam memantau perkembangan perguruan tinggi.






    "Hari ini kita meluncurkan tiga hal, pertama Selancar PAK, satu aplikasi sistem pelacakan secara mandiri penilaian angka kredit (dosen). Lalu, peresmian Command Center dan juga berbagai aplikasi informasi yang bisa diakses publik untuk keperluan manajemen," terang Dirjen Dikti Kemendikbud, Nizam dalam Peluncuran Layanan Dikti Kemendikbud yang digelar daring, Jumat 5 Maret 2021.

    Pada kesempatan tersebut, Nizam lebih merinci pemanfaatan Command Center Dikti. Menurut Nizam, layanan tersebut dapat dimanfaatkan para pemangku kepentingan untuk melihat aktivitas perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

    "Di dalam sistem dashboard kita, kita bisa memantau secara real time berbagai dinamika di perguruan tinggi kita," terang dia.

    Baca juga:  Jokowi Minta Untirta Lakukan Lompatan Kemajuan

    Misalnya, kondisi dan jumlah dosen di masing-masing perguruan tinggi. Dalam layanan itu terlihat bahwa terdapat 314 ribu dosen yang sebarannya berada di berbagai prodi perguruan tinggi.

    "Program-progam Kampus Merdeka yang sedang berjalan, misalnya program Bangkit yang saat ini diikuti 3.216 peserta. Ada sebaran asal perguruan tinggi," ujar Nizam.

    Begitu pula dengan data program studi mahasiswa di seluruh Indonesia yang berjumlah 8.689.532. Dalam aplikasi tersebut juga dapat dipantau implementasi program Kampus Mengajar.

    "Saat ini ada 34.885 pendaftar (Kampus Mengajar) dari PTN 18 ribu dan 16 ribu dari PTS. Sebarannya juga ter-cover dari Sabang-Merauke. Saat ini kita tengah melakukan seleksi program Kampus Mengajar ini," imbuhnya.

    Nizam juga menjelaskan terkait pemantauan Indikator Kinerja Utama (IKU).  Meskipun belum semua data tersedia, namun hal ini akan cukup membantu untuk meningkatkan kualitas para mahasiswa.

    "Di Command Center juga kita bisa berkomunikasi dengan seluruh perguruan tinggj, PTN dan PTS kita bisa berkomunikasi melalui studio ini, sekaligus bisa menjadi Command Center dan komunikasi antarperguruan tinggi dan mitra industri kita," pungkas dia.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id