Daftar Kasus Intoleransi yang Terjadi di Sekolah Negeri

    Arga sumantri - 26 Januari 2021 14:45 WIB
    Daftar Kasus Intoleransi yang Terjadi di Sekolah Negeri
    Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.



    Jakarta: Kasus SMKN 2 Padang, bukan satu-satunya peristiwa intoleransi di sekolah negeri. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membeberkan kasus sejenis yang terjadi di sekolah negeri berbagai wilayah Indonesia.

    Komisioner bidang Pendidikan KPAI Retno Listyarti mengungkapkan, menurut penelitian Wahid Institute, sebagian guru, termasuk kepala sekolah, cenderung memprioritaskan kegiatan atau nilai-nilai agama mayoritas. Sebagian guru juga dinilai tidak dapat membedakan antara keyakinan pribadi dengan nilai dasar toleransi yang seharusnya diajarkan kepada murid.




    "Hal ini salah satunya terjadi di Bali pada tahun 2014," ungkap Retno melalui keterangan tertulis, Selasa, 26 Januari 2021.

    Pada 2014, kata Retno, terjadi kasus pelarangan penggunaan jilbab di beberapa sekolah, seperti SMPN 1 Singaraja dan SMAN 2 Denpasar. Selain itu, Juni 2019, ada surat edaran di SDN 3 Karang Tengah, Gunung Kidul, Yogyakarta, menimbulkan kontroversi karena mewajibkan siswanya mengenakan seragam muslim.

    Baca: Intoleransi di Lingkungan Sekolah Jadi Permasalahan Menahun

    Retno mengatakan, intoleransi juga sempat terjadi di SMAN 8 Yogyakarta karena kepala sekolahnya mewajibkan siswanya untuk mengikuti kemah di Hari Paskah. Guru agama Katolik dan Kristen sempat melakukan protes, namun tidak ditanggapi kepala sekolah.

    "Yang pada akhirnya mengubah tanggal perkemahan setelah ada desakan dari pihak luar," tutur Retno.

    Selanjutnya, Pada awal 2020, seorang siswa aktivis Kerohanian Islam (Rohis) SMA 1 Gemolong, Sragen, merundung siswi lainnya karena tidak berjilbab. Kasus tersebut kemudian viral di media sosial dan menjadi sorotan publik.
     

    Halaman Selanjutnya
    Pada kasus ini, siswi yang…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id