Seri Perlombaan Pelajar Berkreasi Jawab Tantangan Asesmen Nasional

    Citra Larasati - 20 April 2021 06:07 WIB
    Seri Perlombaan Pelajar Berkreasi Jawab Tantangan Asesmen Nasional
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta:  Mentari Group menghadirkan program Pelajar Berkreasi untuk menjawab tantangan pelajar Indonesia di masa kini, sekaligus menyediakan panggung bagi mereka.  Program ini merupakan seri perlombaan yang mendukung pelajar di seluruh Indonesia untuk mengasah kemampuan literasi, numerasi, karakter, dan kreativitas.

    Direktur Program Pelajar Berkreasi, Natalina Rimba mengatakan, Pelajar Berkreasi diadakan pada Maret-Oktober 2021 dan akan menjadi kegiatan tahunan. Natalina menyampaikan bahwa Pelajar Berkreasi dirancang sesuai kebutuhan pelajar saat ini, yaitu menjawab tantangan Asesmen Kompetensi Minimum yang fokus pada Literasi, Numerasi, Karakter.






    Selain itu, kegiatan Pelajar Berkreasi mampu mendukung pelajar mengasah kemampuan nonteknis abad ke-21.  Seperti berpikir kritis, berkolaborasi, berkreasi, berkomunikasi (dikenal dengan 4C), serta bernalar tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

    Pelajar Berkreasi pun didukung oleh para tenaga ahli di bidangnya.  Misalnya pada salah satu lomba, Mentari Mathematics Olympiad atau MEMO, yaitu lomba matematika dalam bahasa Inggris. Tim perancang soal memastikan pertanyaan-pertanyaan yang disajikan bersifat kontekstual dan tidak membuat pelajar sekadar mengandalkan rumus.

    "Pelajar harus mampu memahami permasalahan pada soal dan mencari solusi dari permasalahan tersebut," jelas Natalina.

    Baca juga:  Siswa di Pariaman Mulai Ikut Pesantren Ramadhan

    Kemudian melalui lomba Koki Cilik pelajar dilatih untuk mampu memahami resep dan mengaplikasikannya. Mereka juga harus mampu mempresentasikan kepada juri mengenai cara memasak dan masakan yang dibuat.

    "Ini kan sebenarnya melatih kemampuan 4C pelajar namun mereka tetap rileks dan senang menjalaninya”, lanjutnya kepada lebih dari 400 peserta gelar wicara yang terdiri dari pimpinan sekolah, guru, dan orang tua. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id