Dosen Universitas Andalas Mengupas Potensi Wisata Religi di Solok

    Ilham Pratama Putra - 04 Desember 2020 22:18 WIB
    Dosen Universitas Andalas Mengupas Potensi Wisata Religi di Solok
    Masjid Tuo Kayu Jao di Solok Sumatra Barat. Dok Unand.
    Jakarta: Dosen Universitas Andalas (Unand) Yesi Puspita membagikan ceritanya tentang potensi budaya di Solok, Sumatra Barat. Lebih spesifik, ia mengangkat Masjid Tuo Kayu Jao, tempat ibadah sarat budaya di Solok.

    Masjid yang berukuran 10x12 meter ini sudah berdiri sejak 1567 masehi. Pendirian masjid pada ketinggian 1.152 meter di atas permukaan laut itu dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat desa Kayu Aro, Lubuk Selasih, dan Kayu Jao. 

    "Masjid dibangun dengan ornamen atap khas adat Minangkabau yakni atap gojong," ucap Yesi melalui keterangan tertulis, Jumat, 4 Desember 2020.

    Yesi mengatakan, atap gonjong di atas masjid memiliki manfaat tersendiri. Permukaan atap yang dibuat cekung bermanfaat untuk mengalirkan air hujan.

    Setiap bangunan yang ada pada masjid ini mengandung arti tersendiri. Contohnya, terdapat lima anak tangga yang menggambarkan Rukun Islam, jendela sebanyak tiga belas menggambarkan rukun dalam salat, hingga tiang yang berjumlah 27 buah melambangkan kesukuan, unsur pemerintahan di Sumatra Barat.

    Uniknya, kata dia, meski telah mengalami renovasi beberapa kali, tak ada satu sudut masjid pun yang berubah. Pun masjid ini masih digunakan untuk aktivitas ibadah, mulai dari salat hingga kajian keagamaan. Keberadaan Masjid Tuo Kayu Jao menjadi bukti bahwa sejarah Agama Islam di Sumatra Barat, khususnya Kabupaten Solok, dan telah menyebar sejak abad ke-16. 

    "Kokohnya bangunan Masjid dan arsitektur yang masih terjaga hingga saat ini memperlihatkan begitu hebatnya paradaban Islam pada masa itu," ungkapnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id