comscore

Kemendikbduristek: 95% SMK Pusat Keunggulan Cocok dengan Kurikulum Prototipe 2022

Antara - 09 Februari 2022 18:10 WIB
Kemendikbduristek: 95% SMK Pusat Keunggulan Cocok dengan Kurikulum Prototipe 2022
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto. Foto: YouTube
Jakarta:  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebut sebanyak 95 persen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan (PK) menyatakan cocok menggunakan kurikulum prototipe.

“Kurikulum prototipe ini telah diujikan pada sebanyak 900 SMK PK, dan sebanyak 95 persen menyatakan cocok dengan kurikulum ini,” ujar Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, dalam Kick Off G20 on Education and Culture yang dipantau di Jakarta, Rabu, 9 Februari 2022.
Wikan menjelaskan, kurikulum prototipe yang dikembangkan Kemendikbudristek itu diujicobakan terlebih dahulu pada SMK PK. Baru berikutnya dijadikan pilihan untuk SMK lainnya.

Dia menjelaskan, bahwa kurikulum prototipe tersebut tidak hanya memastikan hasil, tetapi juga kemampuan nonteknis. Melalui kurikulum tersebut, sekolah vokasi melakukan gotong royong bersama dengan industri.

“Ini yang kita akan dorong, kurikulum jangan terlalu kaku dan kurangi materi yang tidak perlu,” imbuh dia.

Dalam kesempatan itu, Wikan menekankan bahwa pandemi memang telah menciptakan eskalasi bagi pendidikan karena banyak siswa yang jarang masuk sekolah dan juga industri semakin melemah daya serapnya.

Baca juga:  Keluarga Dirjen Vokasi Hibahkan Pesawat Terbang ke SMK Muhammadiyah 2 Salam

Akan tetapi di sisi lain, pandemi membuat seluruh lapisan anak bangsa untuk saling bergotong royong dan bekerja sama membentuk link and match antara pendidikan vokasi dan industri.

Kemendikbudristek mengangkat empat agenda prioritas bidang pendidikan pada Presidensi G20 diantaranya Pendidikan Universal yang Berkualitas, Teknologi Digital untuk Pendidikan, Solidaritas dan Kemitraan. 


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id