comscore

LPP UB Rancang SOP Persiapan Pembentukan 9 Prodi Baru

Renatha Swasty - 19 Mei 2022 22:12 WIB
LPP UB Rancang SOP Persiapan Pembentukan 9 Prodi Baru
FGD prodi baru UB. DOK UB
Jakarta: Universitas Brawijaya (UB) berencana merancang pendirian program studi baru sejak menyandang status Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH). Melalui PTBH, usulan program studi bisa dilaksanakan di tingkat universitas, tanpa harus terikat secara langsung dengan kementerian pusat. 

Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Brawijaya (LPP UB) bersama Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik dan Profesional (P3AP) mengadakan focus group discussion (FGD) mempersiapkan finalisasi draf standard operating procedure (SOP) usulan program studi. Nantinya, akan disahkan Wakil Rektor I Bidang Akademik Aulanni’am. 
Ketua P3AP Widya Wijayanti mengatakan tahun ini ada sembilan studi baru yang akan memasuki proses review. Sedangkan, 30 program studi baru lainnya masih mengajukan usulan untuk segera direview.

Widya menyebut P3AP belum dapat melakukan review tanpa SOP jelas. Dia mengatakan dengan diselenggarakannya FGD ini diharapkan SOP sudah tersusun dengan baik dan mendapat penetapan finalisasi.

“FGD ini mengakomodir tuntutan dari kepentingan pembukaan prodi baru yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di luar kampus melalui pertimbangan penjaminan mutu, sehingga nantinya pembentukan prodi baru dapat sesuai dengan harapan universitas. Menjadi sebuah aturan yang baku yang dapat dinisiasi oleh reviewer,” tutur dia. 

Widya mengatakan tidak dipungkiri beberapa program studi mengalami proses pengajuan cukup panjang dan rumit dibandingkan dengan sebagian program studi yang lain. Pengajuan tersebut melewati proses benchmarking, visitasi, perbaikan, evaluasi, hingga diajukan ke Rektor, penyerahan di LPP serta keputusan di Senat Akademik Universitas (SAU). 

Mengingat forum diskusi ini tidak hanya bertujuan untuk menyusun SOP dan finalisasi draft semata, namun bagaimana nantinya program studi baru tersebut dapat mencapai kualitas terbaik melalui akreditasi unggul. Hingga saat ini UB telah memiliki 60 program studi unggul, yang terbaru adalah S1 Statistika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan sebelumnya ada beberapa program studi S1 dan S2 dari Fakultas Teknik.

Baca: THE Impact Ranking 2022, Universitas Brawijaya Masuk Peringkat 401-600
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id