comscore

Mau Magang di Korea Selatan dengan Beasiswa UST Global Research? Ini Cara Daftarnya

Medcom - 21 Maret 2022 12:45 WIB
Mau Magang di Korea Selatan dengan Beasiswa UST Global Research? Ini Cara Daftarnya
Ilustrasi magang. Medcom
Jakarta: Sobat Medcom yang ingin merasakan magang di Korea Selatan, program UST Global Research Internship bisa menjadi pilihan terbaik. Beasiswa untuk mahasiswa internasional ini diselenggarakan oleh University of Science and Technology (UST), salah satu kampus bergengsi di Negeri Ginseng.

Dilansir dari Schoters, UST Global Research Internship bertujuan agar mahasiswa internasional dapat merasakan pengalaman belajar di UST yang sistem pendidikannya berfokus pada penelitian lapang. Program ini menawarkan kesempatan magang di 32 lembaga penelitian yang didanai Pemerintah Korea Selatan selama dua bulan.
Secara garis besar, penelitian dalam UST Global Research Internship terdiri dari empat bidang utama, yaitu Biotechnology, Engineering and Technology, Information Technology, serta Nano Science and Technology. Bidang-bidang tersebut selanjutnya diperinci menjadi 34 program penelitian yang dapat dipilih.

Tak hanya mendanai kegiatan magang, beasiswa ini mencakup biaya masa orientasi mengenai UST, pembimbing akademik untuk penelitian, mentoring bersama mahasiswa/peneliti UST tentang budaya Korea, tiket pesawat keberangkatan, pendaftaran visa, asuransi kesehatan, dan tunjangan bulanan sebesar KRW 1.000.000. Selain itu, juga mencakup biaya upacara penutupan yang termasuk presentasi dan sharing hasil penelitian, pengumuman penghargaan, serta penyerahan sertfikat.

Tertarik mendaftar program beasiswa ini? Simak ulasan mengenai kriteria pendaftar, persyaratan dokumen, dan cara pendaftaran berikut ini:

Kriteria pendaftar

  1. Memiliki kewarganegaraan selain Korea Selatan
  2. Minimal lulusan SMA
  3. Merupakan mahasiswa S1 atau S2
  4. Berasal dari institusi pendidikan di luar Korea Selatan (bagi mahasiswa asing yang sebelumnya lulus dari institusi pendidikan di Korea Selatan harus sudah berada di luar Korea Selatan ketika mendaftar)
  5. Mampu berbahasa Korea atau Inggris

Persyaratan dokumen

  1. Formulir pendaftaran mencakup perkenalan diri, background akademi, kemampuan yang dimiliki, rencana selama magang, dan rencana setelah magang
  2. Surat keterangan aktif mahasiswa/surat keterangan cuti/surat keterangan lulus dari universitas
  3. Transkrip nilai untuk semua semester
  4. Surat rekomendasi (optional)
  5. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (optional)
Catatan: semua dokumen harus dibuat dalam bahasa Inggris atau bahasa Korea

Tahap pendaftaran

  1. Melakukan pendaftaran online melalui website globalintern.ust.ac.kr
  2. Melengkapi formulir pendaftaran dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan
  3. Proses seleksi oleh pembimbing akademik. Metodenya bervariasi tergantung masing-masing pembimbing (review berkas, wawancara melalui e-mail, wawancara melalui telepon, dan lain-lain)
  4. Pengumuman hasil seleksi
Demikianlah informasi seputar program UST Global Research Internship yang menawarkan pengalaman magang dan tinggal di Korea Selatan selama dua bulan. Selain memperoleh ilmu dan bimbingan untuk penelitian, Sobat Medcom juga bisa mendapat apresiasi dengan berbagai benefit yang ditawarkan. Sangat menarik, bukan? (Nurisma Rahmatika)

Baca: Simak 5 Beasiswa Kuliah di Korea Selatan untuk Jenjang S1 Hingga S3
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id