50 Persen Mahasiswa Berpotensi Putus Kuliah Saat Pandemi

    Ilham Pratama Putra - 17 September 2020 15:26 WIB
    50 Persen Mahasiswa Berpotensi Putus Kuliah Saat Pandemi
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut angka putus kuliah bisa meningkat di tengah pandemi korona (covid-19). Bahkan, tingkat putus kuliah itu bisa mencapai 50 persen.

    "Terutama di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sangat rentan putus di tengah jalan, kalau angka rata-rata biasanya 18 persen, maka saat ditambah kondisi covid-19 ini bisa sampai 50 persen," ujar Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar dalam news line siang Metro TV, Kamis, 17 September 2020.

    Kemendikbud pun menyiapkan beberapa kebijakan agar tidak ada mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang putus kuliah karena kondisi ekonomi. Salah satunya, melakukan upaya relaksasi biaya pendidikan.

    "Jadi tahun ini ada bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada mahasiswa aktif, begitu juga Kartu Indonesia Pintar-Kuliah ( KIP-K) bagi mahasiswa baru," terang Abdul.

    Kemendikbud juga membuka program beasiswa unggulan. Beasiswa bakal diberikan kepada pelajar yang memiliki prestasi luar biasa. "Agar anak-anak kita punya kesempatan yang baik," sambungnya.

    Baca: 20 Karya Inovasi Pembelajaran Kreatif Guru Raih Penghargaan

    Menurut Abdul, pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Namun, kata dia, dunia pendidikan harus tetap berjalan meski Indonesia masih diselimuti pandemi covid-19.

    Setidaknya ada enam hal yang dapat dilakukan perguruan tinggi untuk bertahan memberikan layanan pendidikan. Pertama, meningkatkan kemampuan pengajar dibidang teknologi informasi dan komunikasi.

    "Kedua literasi digital, ketiga dari aspek pedagogi, keempat dari aspek pembelajaran, kelima bagaimana pola interaksi antara dosen dan mahasiswa, keenam tentunya adalah evaluasi," ujarnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id