Empat Prodi UB Menuju Akreditasi Internasional

    Daviq Umar Al Faruq - 10 Februari 2020 19:15 WIB
    Empat Prodi UB Menuju Akreditasi Internasional
    Visitasi tim AUN-QA di UB Malang. Foto: Dok. UB
    Malang: Tim dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) berkunjung ke Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Senin 10 Februari 2020. Kunjungan kali ini dalam rangka visitasi atas empat program studi (prodi) di UB.

    Keempat prodi tersebut adalah prodi Ilmu Komunikasi FISIP, program Magister Ilmu Ternak FAPET, prodi Budidaya Perikanan FPIK, dan prodi Sastra Jepang FIB.

    Rektor UB, Nuhfil Hanani mengatakan, empat prodi yang divisitasi oleh AUN-QA tersebut merupakan prodi yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.  Bila mendapatkan sertifikasi internasional dari AUN-QA, maka keempat prodi tersebut dapat ditingkatkan akreditasinya menjadi level internasional.

    "Jika dengan empat prodi tambahan kali ini. Berarti total jumlah prodi di UB yang sudah terakreditasi AUN-QA ada 17. Jika sudah tersertifikasi AUN-QA, maka akan kita tingkatkan ke lembaga akreditasi yang lebih tinggi atau level dunia," kata Nuhfil, di Kampus UB, Malang, Senin 10 Februari 2020.

    Akreditasi tingkat internasional selanjutnya yang akan diikuti oleh UB yakni Aklreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) Jerman, Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), dan ABBEST 21 yang saat ini sudah berjalan.

    "Jadi harapannya nanti dengan prodi yang sudah terakreditasi internasional, alumni-alumni UB tidak hanya bisa bekerja di ASEAN tapi juga di negara-negara lain di dunia," kata Ketua LP3M UB, Achmad Wicaksono.

    Selain melakukan visitasi ke empat prodi, tim asesor juga berkunjung ke unit-unit pendukung seperti UB TV, Griya Brawijaya, Institut Biosains, LSIH dan poliklinik.  Visitasi tersebut dilakukan untuk melihat program perbaikan dan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh UB, terutama untuk mahasiswa disabilitas.

    AUN-QA sendiri merupakan organisasi universitas di negara-negara ASEAN yang bertujuan meningkatkan standar perguruan tinggi di Asia Tenggara. ASEAN University Network (AUN) didirikan untuk menjamin kualitas pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN dan bertanggung jawab untuk mempromosikan jaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional dan internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN.

    Selain AUN-QA, prodi-prodi di UB juga telah meraih akreditasi dari lembaga-lembaga internasional lain. Jika ditotal ada 35 prodi di UB yang sudah meraih akreditasi internasional.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id