Kenali Gejala Covidiot saat Pandemi Covid-19

    Daviq Umar Al Faruq - 19 Mei 2020 14:18 WIB
    Kenali Gejala Covidiot saat Pandemi Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta:  Masyarakat diminta mewaspadai ciri-ciri covidiot yang dapat muncul di masa pandemi covid-19.  Sikap tersebut tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, namun juga orang lain. 

    Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, dr. Ali Haedar menyayangkan pernyataan salah satu YouTuber, Indira Kalistha yang menuai kontroversi beberapa waktu belakangan ini.  Dalam sebuah wawancara, pemilik 1,5 juta pengikut di akun Instagram-nya ini mengaku enggan memakai masker karena merasa pengap (sesak) dan beberapa kalimat lainnya yang dianggap meremehkan covid-19.

    Pernyataan ini, kata Ali, bisa berdampak negatif bagi orang lain.  Sikapnya dianggap tidak pintar dalam mengedukasi masyarakat di tengah pendemi yang telah merenggut nyawa manusia ini.

    Untuk itu, Ali menilai masyarakat perlu mengenal istilah covidiot atau seseorang yang egois, tak mengindahkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, sehingga berpotensi merugikan dirinya juga orang lain. 

    “Mungkin, seleksi alam di Indonesia karena Coronavirus Disease 2019 (covid-19) akan menyebabkan ‘yang bodoh, yang akan punah’, dalam artian orang yang egois tak memperhatikan protokol Kesehatan covid-19. Kita sebagai masyarakat modern lebih sulit menghindari transmisi informasi lewat media sosial,” kata Dokter spesialis Emergency Medicine (EM) di RS Saiful Anwar Malang ini.

    Baca juga:  Pendaftaran SBMPN 2020 Dibuka Hari Ini

    Ali menambahkan, ada lima tanda dan gejala Covidiot, yakni mereka biasanya secara sadar tampak sering melakukannya. Mulai dari menyebarkan berita yang tidak benar terkait covid-19, melakukan perkerumunan atau menginisiasi kegiatan perkerumunan.

    Kemudian melakukan travelling dengan tujuan piknik, menolak isolasi diri setelah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit atau setelah dinyatakan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan membanggakan kekebalan tubuhnya. 

    “Orang yang masuk istilah covidiot secara tidak langsung bisa menyebarkan penyakit covid-19, jika dirinya secara tidak sadar sudah terkena virus,” terangnya.

    Seperti diketahui, Indira sempat diundang sebagai bintang tamu di kanal YouTube Gritte Agatha dan menyampaikan pandangannya tentang penyesuaian diri pada kasus virus korona atau covid-19.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id