comscore

BRIN Gandeng Universitas Leiden Bangun Kerja Sama Riset Kesehatan

Antara - 01 Juli 2022 19:47 WIB
BRIN Gandeng Universitas Leiden Bangun Kerja Sama Riset Kesehatan
Sekretaris Utama (Sestama) BRIN Nur Tri Aries Suestiningtyas. Branda Antara
Jakarta: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggandeng Universitas Leiden, Belanda memperkuat kerja sama riset di sejumlah bidang termasuk kesehatan. Kerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman antara kedua pihak.

“Salah satu prioritas kerja sama dengan Universitas Leiden adalah meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan, tidak hanya untuk konservasi di bidang biodiversity (biodiversitas) namun juga untuk meningkatkan produknya dari biodiversity tersebut," kata Sekretaris Utama (Sestama) BRIN Nur Tri Aries Suestiningtyas dikutip dari Antara, Jumat, 1 Juli 2022.
Penandatanganan nota kesepahaman antara Sestama BRIN Nur Tri Aries Suestiningtyas dengan President of Executive Board Universitas Leiden Annetje Ottow. Serta antara Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial Humaniora BRIN Ahmad Najib Burhani dengan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Leiden Paul Wouters.

Kerja sama diharapkan dapat semakin memperkuat hubungan antara BRIN dan Universitas Leiden. Serta menghasilkan hasil-hasil riset bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

BRIN juga menjalin kolaborasi dengan Naturalis Biodiversity Center (NBC), Belanda, Kolaborasi terkait pengelolaan koleksi benda sejarah.

Kolaborasi diwujudkan melalui penandatangan nota kesepahaman antara Sestama BRIN Nur Tri Aries Suestiningtyas dan General Director of NBC Edwin Van Huis. Naturalis Biodiversity Center adalah museum nasional sejarah alam dan pusat penelitian keanekaragaman hayati di Leiden, Belanda.

Nota kesepahaman tersebut menjadi dasar pertukaran pengetahuan ilmiah dan teknis di bidang yang diminati oleh kedua pihak berdasarkan prinsip persamaan hak dan saling menguntungkan. Beberapa kerja sama yang bisa dilakukan mencakup, yakni pengembangan dan pelaksanaan kegiatan penelitian bersama, pertukaran data dan informasi penelitian dan teknis, pertukaran peneliti dan personel atau staf lainnya, pertukaran sampel dan material penelitian lainnya, serta pengelolaan dan publikasi data penelitian.

Ruang lingkup kerja sama itu juga meliputi penyelenggaraan bersama pertemuan ilmiah pada topik yang diminati bersama, serta pengembangan kapasitas melalui pertukaran pelajar, peneliti, dan personel, dan pelatihan untuk dan pertemuan oleh peneliti, periset dan staf.

Berdasarkan nota kesepahaman itu, BRIN akan berkontribusi pada penyediaan fasilitas dan periset yang diperlukan, staf teknis dan ahli lainnya, dan membantu dalam pengurusan isu perizinan lokal dan nasional yang dibutuhkan untuk kegiatan. BRIN juga akan mengidentifikasi dan menyusun peluang pendidikan untuk staf dan kolaborator yang berkualifikasi dengan memanfaatkan staf BRIN, kontak penelitian, dan universitas.

Nota kesepahaman antara kedua belah pihak akan berlaku selama lima tahun ke depan dan dapat diperpanjang atas persetujuan kedua belah pihak.
 
Baca juga: Dialog dengan Mahasiswa dan Diaspora di Belanda, Kepala BRIN Ajak Jadi Peneliti


(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id