comscore

Pendaftar UTBK Unesa Bertambah 32,5%, Ini 10 Prodi Favorit

Renatha Swasty - 19 April 2022 16:34 WIB
Pendaftar UTBK Unesa Bertambah 32,5%, Ini 10 Prodi Favorit
Kampus Unesa. DOK Unesa
Jakarta: Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 telah ditutup. Total, 39.776 peserta mendaftar di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Angka tersebut meningkat dari UTBK tahun sebelumnya yang berjumlah 30.017 peserta. Unesa mendapat kenaikan 9.759 peserta atau 32,5 persen.
“Alhamdulilah, karena kerja sama semua tim pendaftar naik tahun ini. Animo masyarakat untuk kuliah di Unesa cukup tinggi dan meningkat dari tahun ke tahun. Ini menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat untuk belajar dan mengembangkan diri di UNESA,” ujar Rektor Unesa Nurhasan dikutip dari laman unesa.ac.id, Selasa, 19 April 2022.

Hasan menuturkan kenaikan jumlah pendaftar terjadi hampir di semua program studi (prodi) yang membuat persaingan masuk Unesa semakin ketat. Namun, peluang lolos terbuka, sebab ada penambahan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini di semua jalur, termasuk UTBK-SBMPTN.

Berdasarkan data Satuan Admisi, terdapat 10 prodi dengan jumlah pendaftar tertinggi jalur UTBK-SBMPTN 2022. Berikut 10 prodi favorit:
  1. S1 Psikologi 2.205 pendaftar
  2. S1 Manajemen 2.113 pendaftar
  3. S1 Ilmu Komunikasi 1.763 pendaftar
  4. S1 Bisnis Digital 1.746 pendaftar
  5. S1 PGSD 1.541 pendaftar
  6. S1 Gizi 1.497 pendaftar
  7. S1 Ilmu Hukum 1.332 pendaftar
  8. S1 Akuntansi 1.139 pendaftar
  9. S1 Ilmu Administrasi Negara 1.099 pendaftar
  10. S1 Teknik Informatika 1.046 pendaftar
Ketua Satuan Admisi Unesa, Sukarmin, mengimbau seluruh peserta menyiapkan diri semaksimal mungkin. Sebab, UTBK-SBMPTN mulai digelar pada 17 Mei 2022.

Peserta diharapkan memanfaatkan waktu tersebut untuk menyiapkan diri, belajar, dan berlatih memahami soal-soal yang akan diujikan. Ada baiknya juga mempelajari soal-soal UTBK tahun-tahun sebelumnya.

Hal yang perlu diketahui dari tes UTBK-SBMPTN

Agar memudahkan, peserta perlu menganalisis jenis tes UTBK yang terdiri dari:

1. Tes potensi skolastik (TPS)

Tes ini meliputi kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif termasuk penguasaan Matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

2. Tes kemampuan Bahasa Inggris

Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tes kemampuan akademik (TKA)

Tes bertujuan mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan (mata pelajaran) di sekolah dan diperlukan untuk menempuh pendidikan tinggi. Tes ini menekankan pada higher order thinking skills (HOTS).

Kelompok ujian UTBK yaitu:

Kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek)

Dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Alokasi waktu sekitar 195 menit.

Kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)

Dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi waktu 195 menit.

Kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum)

Dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Alokasi waktu 285 menit.

“Selain belajar dan berlatih menjawab soal-soal, peserta juga perlu menjaga kesehatan baik fisik maupun psikis. Buatlah jadwal belajar yang teratur. Evaluasi diri secara berkala, bagian mana yang sudah dipahami dan mana yang belum. Yang sudah dipahami teruslah didalami. Yang belum dipahami, coba lagi dan berlatih lagi sampai paham. Jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua. Selamat belajar dan semoga hasilnya nanti sesuai harapan,” kata Sukarmin.

UTBK gelombang pertama akan digelar pada 17-23 Mei 2022 yang terdiri dari sesi 1 hingga sesi ke-14. Gelombang kedua akan berlangsung pada 28 Mei-3 Juni 2022 untuk sesi 15 sampai sesi 23.

UTBK di Unesa akan dilaksanakan di tiga lokasi. Yakni Unesa Kampus Ketintang, Unesa Kampus Lidah Wetan, dan Unusa (kampus mitra).

Baca: 10 Prodi di Program Vokasi UNESA, Jadi Percontohan di Kampus Lain
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id