comscore

Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa Dihapus, Skema Penerimaan Mahasiswa Baru Diatur Ulang

Ilham Pratama Putra - 18 Februari 2022 11:50 WIB
Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa Dihapus, Skema Penerimaan Mahasiswa Baru Diatur Ulang
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo atau Nino. Zoom
Jakarta: Kurikulum Merdeka menghapus sekat jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal mengatur ulang skema mahasiswa baru.

"Jadi, Pak Nizam, Dirjen Diktiristek, membantu untuk komunikasi ke Majelis Rektor PTN kemudian ke LTMPT. Ini kita koordinasikan terus untuk mendapatkan skema yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka," kata Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo (Nino), kepada Medcom.id, Selasa 15 Februari 2022.
Terpenting, kata dia, ketika tak ada lagi jurusan, kebutuhan calon mahasiswa di perguruan tinggi dapat dipenuhi. Siswa diarahkan tetap mendalami mata pelajaran sesuai program studi tujuan di perguruan tinggi.

"Misal, anak teknik, karena jurusan IPA-nya sudah dihapus, tapi kalau jurusan membutuhkan pengetahuan tetap tertentu, mereka bisa memberikan tes calon mahasiswa itu fisika dan matematikanya atau ya hitung nilai rapor untuk mata pelajaran tersebut," kata dia.

Nino mafhum perguruan tinggi khawatir tidak mendapatkan kriteria yang sesuai. Namun, hal itu dapat dipecahkan dengan mencari solusi bersama.

"Secara umum sudah ada titik temu-titik temu yang perlu kita finalisasi nanti yang akan masuk regulasi juga dan akan ada pengumumannya juga nantinya ketika sudah final," tutur dia.

Baca: Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa Dihapus, Siswa Diminta Merancang Pilihan Studi
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id