comscore

Rektor IPB: Lulusan Perguruan Tinggi Harus Peka Terhadap Sinyal Perubahan

Citra Larasati - 28 Mei 2022 19:40 WIB
Rektor IPB: Lulusan Perguruan Tinggi Harus Peka Terhadap Sinyal Perubahan
Rektor IPB, Arif Satria. Foto: Dok. IPB
Jakarta:  Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB University) mewisuda 512 lulusan baru baik sarjana, magister maupun doktor. Acara Wisuda IPB University tahap V Tahun Akademik 2021/2022 dilaksanakan secara hybrid pada Rabu, 25 Mei 2022.

Dalam pidatonya, Rektor IPB University, Arif Satria mengucapkan selamat kepada orang tua maupun wali yang putra-putrinya diwisuda. Ia juga menyampaikan gambaran situasi saat ini yang sangat cepat berubah, penuh ketidakpastian, dan kompleksitas tinggi.
Ia pun menyampaikan adanya pandemi covid-19 merupakan ciri zaman menghadapi adanya ketidakpastian.  Arif menyampaikan, Kampus IPB University sudah menyiapkan lulusannya agar mampu menghadapi kompleksitas maupun perubahan yang sangat cepat.

Dengan demikian, wisudawan harus peka terhadap sinyal perubahan tersebut.  "Orang yang memiliki kepekaan tinggi, mereka akan mampu survive merespons perubahan zaman," kata Arif.  

Lebih lanjut, Arif menyampaikan, wisudawan harus mampu memperkuat pola pikir baru yaitu kemampuan berubah serta bertumbuh atau growth mindset yang adaptif terhadap perubahan.

"Mindset harus berubah terus dan berperan terhadap perubahan, mindset optimis, sehingga keinginan untuk selalu belajar dan belajar faktor menentukan masa depan," katanya.

Arif juga mengupas terkait sebuah buku yang berjudul GRIT yang belum lama dibacanya. Ia menyampaikan, kata GRIT selaras dengan mindset, bicara passion, tentang kegigihan, dan resiliensi.

Menurutnya, passion atau cinta apa yang  dikerjakan. Hal tersebut merupakan fondasi yang membuat sukses.

Ia pun menyebut, IPB merupakan  wadah orang-orang yang diharapkan mampu membangun kultur GRIT dan kultur  gigih.  "Sehingga saya berharap wisudawan mampu menjiwai, passion terhadap apa yang dikerjakan dan sehingga respons terhadap perubahan betul-betul terwujud," tambahnya.

Ia mengatakan, wisudawan harus punya orientasi future practice. "Kita harus bisa menjadi seorang  trendsetter dalam perubahan, menjadi seorang learning agility, tidak takut memulai hal baru, punya ketangguhan dapat menciptakan hal baru, menjadi penentu kecenderungan, apabila kita hanya fokus pada best practise, maka kita akan selamanya menjadi follower," ucap Rektor IPB University.

Ia mengimbau agar wisudawan menjadi pembelajar sejati. Tidak hanya itu, ia juga menyarankan agar menjadikan semua orang sebagai guru.

"Guru kita ada di mana-mana, petani, nelayan, kaum profesional, orang banyak belajar akan semakin humble, perkuat, orientasi moral, kinerja, intelektual, kejujuran, integritas dan kolaborasi," katanya.

Ia menyebut, kolaborasi yang berkelanjutan dapat terjadi karena adanya rasa percaya. Sementara, kolaborasi yang produktif akan menghasilkan inovasi dan inovasi merupakan pilar kemajuan bangsa. Dengan inovasi juga, akan banyak menginspirasi orang lain.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Himpunan Alumni IPB University, Dudi Setiadi Hendrawan menyampaikan, agar lulusan yang diwisuda hari ini  tetap memiliki tiga kompetensi yang telah diajarkan almamater yaitu integritas, inovasi dan inspirasi.

"Tetap optimis menghadapi era new normal, mewujudkan dalam upaya demi kemakmuran bangsa dan negara," katanya.

Baca juga:  UGM Kembali Gelar Wisuda Luring, 1.023 Orang Diwisuda

Hal tersebut sejalan dengan tema program kerja alumni untuk tetap solid, sinergis, kontributif terhadap almamater dan bangsa. Namun ia menambahkan bahwa tantangan yang dihadapi adalah bagaimana menyatukan gerak langkah dan potensi alumni. Oleh karena itu, HA IPB University akan terus menghimpun melalui program program yang produktif dan berkelanjutan.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id