comscore

BRIN Ajak Talenta Muda Ikut Majukan Bangsa

Antara - 25 Mei 2022 18:47 WIB
BRIN Ajak Talenta Muda Ikut Majukan Bangsa
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko. Medcom.id/Ilham Pratma Putra
Jakarta: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengajak seluruh talenta muda ikut andil dan aktif berkontribusi memajukan bangsa di kancah global. Kontribusi melalui karya kegiatan riset dan inovasi.

"Sebagai tonggak masa depan negara ini, generasi muda merupakan bagian penting dalam segala sisi pembangunan bangsa, termasuk pembangunan nasional berbasis riset," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam sambutannya di webinar Talenta Muda Berkarya, Rabu, 25 Mei 2022. 
Handoko menuturkan momentum bonus demografi di Indonesia pada periode 2020-2045 akan menjadi kesempatan besar untuk dapat memaksimalkan semua potensi dan sumber daya yang dimiliki. Termasuk, sumber daya manusia dan terutama talenta muda unggul.

"Yang lebih utama adalah generasi muda yang memiliki talenta unggul dan dapat andil dalam setiap upaya untuk memajukan bangsa kita," ujar dia. 

Handoko mengatakan partisipasi talenta muda dalam pembangunan yang berbasis riset dan inovasi akan mendukung upaya Indonesia mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan melampaui negara berpendapatan menengah. Dia menyebut untuk riset yang baik, diperlukan talenta-talenta unggul yang mampu berkompetisi dan memiliki kapasitas di bidangnya masing-masing. 

Sehingga, talenta muda akan mampu mewujudkan kemajuan bagi bangsa Indonesia melalui kegiatan riset dan inovasi. Alumni program Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2017, Zahwa Devarrah, yang sedang menjalani Pendidikan S-1 Teknik Industri di Universitas Gadjah Mada menuturkan dalam memajukan riset dan inovasi, Indonesia membutuhkan pemuda yang memiliki keinginan belajar yang tinggi, serta mau berproses untuk mewujudkan riset dan inovasi.

Dia mengatakan hasil riset dan inovasi tersebut pada akhirnya harus dapat diimplementasikan ke masyarakat dan berdampak global. Sehingga memberikan manfaat yang benar-benar dapat dirasakan dan meluas.

"Sudah banyak ide, konsep, bahkan prototipe yang berhasil menjuarai kompetisi nasional dan internasional, namun manfaat inovasi masih belum bisa dirasakan masyarakat. Jadi, untuk pemuda Indonesia, ayo berproses dan belajar memajukan riset dan inovasi Indonesia," ujar dia. 

Baca: BRIN Dorong Talenta Muda Ciptakan Komunitas Pegiat Riset-Inovasi



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id