comscore

Direktorat Kelembagaan Ditjen Diktiristek Canangkan Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih Melayani

Renatha Swasty - 23 Mei 2022 17:18 WIB
Direktorat Kelembagaan Ditjen Diktiristek Canangkan Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih Melayani
Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek Lukman. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencanangkan zona integritas. Hal ini menjadi bagian reformasi birokrasi menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan direktorat. 

"Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah strategis untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, mudah, murah, dan profesional," kata Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek Lukman di Gedung Kemendikbudristek, Senin, 23 Mei 2022.
Lukman menuturkan zona integritas menuju WBK dan WBBM merupakan peneguhan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) di Direktorat Kelembagaan. Dia ingin seluruh SDM di direktorat memiliki kapasitas dan kualitas integritas tinggi.

Hal ini untuk menjaga layanan yang jujur dan bersih dari korupsi. Sebab, Diktiristek merupakan pengampu layanan dari ribuan perguruan tinggi dengan puluhan ribu program studi di seluruh Indonesia.

“Dalam pencanangan ini, kami memiliki makna semangat, integritas, akuntabilitas, gigih, dan amanah ini yang terus kami siapkan. Target kami, pada 2022 dan 2023, kami bisa meraih namanya zona integritas WBK WBBM,” ujar Lukman.

Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam, menyampaikan zona integritas merupakan program nasional bebas dari korupsi dan melayani. Penetapan zona integritas WBK dan WBBM ini diharapkan dapat semakin memperkuat integritas dan kualitas layanan Ditjen Diktiristek.

“Jadi, tentu manfaatnya bagi mereka yang mendapatkan layanan dari Diktiristek harapan kami akan lebih lancar layanannya, tidak ada lagi percaloan di dalam layanan. Tidak ada lagi look black hole ya, kalau sistem layanan tidak transparan, tidak bersih, jadi orang kemudian mencari-cari jalan belakang," tutur dia. 

Inspektur Jenderal Kemendikbudristek Chatarina memaparkan reformasi birokrasi merupakan perubahan terencana dalam proses yang didukung oleh pimpinan organisasi untuk mengubah sistem birokrasi dan relasi dalam birokrasi maupun antara birokrasi dengan masyarakat. Sedangkan, zona integritas merupakan miniatur dalam reformasi birokrasi yang bebas dari korupsi sehingga mutlak untuk diimplementasikan bersama.

Dia mengatakan kunci pembangunan zona integritas merupakan komitmen dari pimpinan dan karyawan untuk menunjukkan semangat dan visi misi yang sama. Hal tersebut dilakukan dengan memberikan kemudahan pelayanan fasilitas yang baik dan semangat hospitality untuk kepuasan pada masyarakat, program smart dan menyentuh kepada masyarakat yang membuat unit kerja dekat kepada pengguna atau stakeholders. 

Sehingga, dapat terasa kehadiran, monitoring evaluasi yang bersifat sustainable terus menerus. Agar program yang dijalankan tetap pada jalurnya, serta melakukan manajemen media, yaitu membangun komunikasi dengan media sebagai jembatan komunikasi dengan masyarakat luas,” jelasnya.

Baca: Jaga Zona Integritas, Dikti Transformasi Layanan Lewat Online



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id