31 Ribu Calon Mahasiswa Daftar SNMPTN di UB

    Daviq Umar Al Faruq - 28 Februari 2020 17:20 WIB
    31 Ribu Calon Mahasiswa Daftar SNMPTN di UB
    Kampus UB. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
    Malang:  Sebanyak 31.658 calon mahasiswa mendaftar di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Jawa Timur. Jumlah tersebut dihimpun dari data pendaftaran SNMPTN 2020 yang ditutup Kamis 27 Februari 2020, pukul 23.59 WIB.

    "Jumlah pendaftar 31.658 calon mahasiswa, jumlah peminat prodi (program studi) 43.931 calon mahasiswa," kata Kasubbag Kearsipan dan Humas UB, Kotok Gurito, di Malang, Jumat 28 Februari 2020.

    Peminat terbanyak dari kelompok Sains teknologi (Saintek) adalah Prodi Kedokteran dan peminat terbanyak kelompok Sosial humaniora (Soshum) adalah Prodi Manajemen.

    Baca juga: 453.930 Siswa Telah Finalisasi Data SNMPTN

    Sementara itu, Wakil Rektor I UB Bidang Akademik, Aulani'am mengatakan, pendaftar yang telah lolos jalur SNMPTN tidak diperbolehkan lagi mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

    "Pesan saya hati-hati saat memilih di SNMPTN. Karena kalau cari prodi yang peminatnya kecil lalu diterima, dia tidak punya kesempatan daftar SBMPTN," katanya.

    Sementara itu, tahun ini UB membuka kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 14.310 kursi. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari kuota tahun lalu sebanyak 14.590 mahasiswa.

    Dari jumlah tersebut, sebesar 30 persen atau sekitar 4.300 mahasiswa untuk kuota jalur SNMPTN. Lalu kuota dari jalur SBMPTN sebesar 40 persen atau sekitar 5.724 mahasiswa dan dari jalur Mandiri sebesar 30 persen atau sekitar 4.286 orang. 

    "Alasan penurunan kuota tahun ini karena kami mempertimbangkan rasio dosen dengan mahasiswa. Karena banyak dosen yang lagi sekolah," ujarnya.

    Sebelumnya, UB menempati posisi pertama pendaftar terbanyak jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di 2019.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id