Nadiem: Survei Karakter Tunjang Pendidikan Berbasis Gender

    Ilham Pratama Putra - 14 Mei 2020 15:39 WIB
    Nadiem: Survei Karakter Tunjang Pendidikan Berbasis Gender
    Mendikbud Nadiem Makarim dalam konferensi video, Kamis, 14 Mei 2020.
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim telah mengganti Ujian Nasional (UN) dengan asesmen dan survei karakter. Khusus survei karakter, Nadiem percaya bisa menjadi penunjang pendidikan berbasis gender di Indonesia.

    "Survei karakter memiliki kemampuan menganalisa sistem pendidikan. Dan di dalamnya akan sangat peka dengan pembentukan dan pengetahuan akan kesetaraan gender," kata Nadiem dalam konferensi video, Kamis, 14 Mei 2020.

    Menurut Nadiem, pendidikan berbasis gender ini akan menjadi matriks penting dalam pendidikan anak. Kemendikbud berupaya agar sejak dini siswa memiliki pengetahuan tentang kesetaraan gender.

    "Dinamika gender harus dipahami siswa, agar sekolah dapat memahami dan menilai persepsi siswa tentang kesetaraan itu sendiri," lanjutnya.

    Baca: Belajar Daring Masa Depan Dunia Pendidikan

    Nadiem mengatakan, topik permasalahan lainnya yang berkaitan dengan gender juga akan terselesaikan dengan sendirinya. Termasuk, perkara kekerasan seksual dan perundungan.

    Nadiem berencana merancang pendidikan gender ini agar lebih mendalam. Dengan melakukan kajian bersama universitas di Indonesia, hingga depertemen pendidikan.

    "Pertama untuk menentukan langkah pembelajaran atas kasus yang ada. Serta membuat sebuah sistem, mekanisme pelaporan bagi mereka yang menerima kekerasan seksual," terang Nadiem.

    Kemendikbud berkomitmen menyelesaikan permasalahan gender dan kekerasan yang ada di Indonesia. "Kami berusaha untuk tumbuh dan meningkatkan strategi untuk mengurangi kejadian gelap soal gender dan kekerasan seksual ini," ujar Nadiem.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id