Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

    Setelah PTN-BH, UNS Buka 50% Kuota Mahasiswa Baru Lewat Jalur Mandiri

    Citra Larasati - 13 Februari 2021 12:05 WIB
    Setelah PTN-BH, UNS Buka 50% Kuota Mahasiswa Baru Lewat Jalur Mandiri
    Kampus UNS. Foto: UNS/Humas



    Jakarta:  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka tiga jalur seleksi untuk menjaring mahasiswa baru tahun ini. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

    Ketiga jalur tersebut yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi lainnya. Ketentuan mengenai SNMPTN dan SBMPTN diatur oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sedangkan Seleksi Mandiri diatur secara mandiri oleh UNS.




    Koordinator Bidang Sarjana UPT SPMB UNS, Widiyanto dalam acara Wedangan IKA UNS Seri XLIV mengatakan, terdapat perubahan pada kuota penerimaan dari setiap jalur. Jika dulu saat masih menjadi BLU, kuota penerimaan terbesar ada pada SBMPTN, mulai tahun 2021 kuota penerimaan mahasiswa baru UNS terbesar adalah Seleksi Mandiri.

    “Perubahan status PTN BH ini juga membuat kuota berubah. Jika dulu kuota Seleksi Mandiri hanya 30 persen, sekarang menjadi 50 persen,” ujar Widiyanto.

    Perubahan kuota juga terjadi pada jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pada tahun 2021, UNS akan menerima mahasiswa baru minimal 20 persen dari jalur SNMPTN.  Sementara itu, jalur SBMPTN mendapat jatah minimal 30 persen.

    Aturan mengenai SNMPTN dan SBMPTN dapat dicermati di laman LTMPT. Sementara itu, untuk informasi terkait Seleksi Mandiri UNS dapat dilihat di laman spmb.uns.ac.id.

    Baca juga:  Unhas-Universitas Saga Jepang Jalin Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa

    Secara keseluruhan, aturan jalur seleksi tersebut relatif sama dengan tahun lalu. Namun, khusus SBMPTN terdapat sedikit perbedaan yakni adanya Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dibagi menjadi TKA Saintek dan TKA Soshum pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

    Tahun lalu UTBK hanya terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS). Dengan demikian, para peserta UTBK 2021 harus menjalani dua tes yakni TPS dan TKA.

    Di sisi lain, Seleksi Mandiri UNS menerapkan beberapa jalur yang dapat ditempuh pendaftar.
    “Seleksi Mandiri UNS ada bermacam-macam jalur, ya, seperti jalur prestasi, jalur kerja sama, jalur UTBK, bahkan ada juga jalur hafiz Al-quran,” jelas Widiyanto.

    Bagi calon pendaftar yang tertarik untuk masuk ke UNS diharap selalu memperbarui informasi dengan melihat laman SPMB UNS. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id