Satgas Covid-19 Libatkan 1.800 Mahasiswa Sosialisasikan Perubahan Perilaku

    Ilham Pratama Putra - 13 Oktober 2020 16:05 WIB
    Satgas Covid-19 Libatkan 1.800 Mahasiswa Sosialisasikan Perubahan Perilaku
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 1.800 mahasiswa dari 72 perguruan tinggi di Indonesia menjadi relawan Satgas Covid-19. Mereka bergerak pada bidang perubahan perilaku.

    "Kami melibatkan mahasiswa dalam perubahan perilaku, ada 1.800 mahasiswa. Ini misi kemanusiaan," kata Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, secara virtual, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Mahasiswa akan mendapatkan bimbingan dari pihak Satgas maupun dosen pembimbing mereka saat menjadi agen perubahan perilaku di masyarakat. Mahasiswa dipercaya mampu merubah kebiasaan masyarakat yang belum taat protokol kesehatan.

    "Utamanya meningkatkan kesadaran menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Keberadaan mahasiswa di masyarakat untuk menjelaskan bahwa covid-19 ini nyata dan bukan konspirasi," terang Doni.

    Satgas Covid-19 mencatat, saat ini 17 persen masyarakat belum menyadari jika covid-19 adalah virus berbahaya. Bahkan, mereka disebut cenderung tidak peduli dengan adanya pandnemi.

    "Artinya ada 44,9 juta orang yang mesti disadarkan. Di sinilah peran mahasiswa di masyarakat untuk bisa menyentuh mulai dari lingkungan terdekat mereka," kata Doni.

    Baca: Cegah Covid-19, Imbauan Dokter UGM untuk Orang dengan Komorbid

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi mengatakan perubahan perilaku adalah ujung tombak dalam melawan penyebaran virus korona. Bahkan, perubahan perilaku bisa menurunkan penyebaran covid-19 hingga 85 persen.

    "Kalau kita melakukan itu (perubahan perilaku) menerapkan 3M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, kita telah menurunkan risiko tertular covid-19 sampai 85 persen," terang Sonny.

    Satgas Covid-19 terus menggaungkan kampanye #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id