Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa 11 PTN-BH Dibuka, Cek di Sasrabahu

    Citra Larasati - 04 Februari 2021 15:46 WIB
    Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa 11 PTN-BH Dibuka, Cek di Sasrabahu
    Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah



    Jakarta:  ?Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) menyediakan platform berupa Sistem Pertukaran Mahasiswa antar 11 PTN-BH (Sasrabahu) untuk mempermudah pertukaran mahasiswa di Indonesia.

    Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Universitas Padjadjaran (Unpad), Mohamad Fahmi, menjelaskan, platform Sasrabahu disiapkan untuk mendukung implementasi kebijakan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar di 11 PTN BH.

     



    “Kalau kita bekerja sama dengan masing-masing universitas itu akan membuat kita lebih susah dalam membuat dokumen kerja samanya, karena itu Sasrabahu disiapkan untuk mempermudah,” ujar Fahmi, Kamis, 4 Februari 2021.

    Melalui platform Sasrabahu, mahasiswa bisa melihat penawaran mata kuliah dari 11 PTN BH tersebut dengan menggunakan ponselnya masing-masing. Dengan demikian, proses pendaftarannya bisa jauh lebih mudah.

    Program Sasrabahu sendiri akan dibuka mulai semester genap tahun akademik 2020/2021 dan akan berjalan selama satu semester. Untuk saat ini, kata Fahmi, belum semua PTN BH membuka pendaftaran Sasrabahu, mengingat ada perbedaan waktu pelaksanaan kuliah dari masing-masing perguruan tinggi.

    Baca juga:  Rektor Beberkan Program Prioritas Unpad di 2021

    Secara teknis, mahasiswa boleh mengambil satu atau beberapa mata kuliah bergantung pada kebutuhannya. Mahasiswa juga diperbolehkan mengambil mata kuliah lintas program studi. Namun, penentuan mata kuliah ini harus berdasarkan kesepakatan dari Ketua Program Studi di PTN asal.

    Nantinya, perguruan tinggi penerima akan melakukan seleksi, salah satunya dilihat dari kapasitas yang ditawarkan.  “Katakanlah kalau tempatnya cuma 10, tapi yang daftar 20 orang, itu akan diseleksi. Atau juga dari sisi background-nya, apakah dia akan bisa mengikuti perkuliahan ini atau tidak,” kata Fahmi.

    Unpad sendiri menawarkan 150 mata kuliah dari seluruh program studi Sarjana dan Sarjana Terapan. Artinya jika setiap mata kuliah menawarkan 20 orang, maka Unpad akan menerima sekira 3.000 mahasiswa program Sasrabahu.

    Bagi mahasiswa Unpad yang akan mengikuti program Sasrabahu, dipersilakan untuk mempersiapkan sejumlah persyaratan, di antaranya kartu tanda mahasiswa dan transkrip nilai. Setelah itu, mahasiswa dapat mengecek mata kuliah dari PTN yang membuka pendaftaran.

    “Setelah mengetahui mata kuliah tersebut, konsultasikan dengan Kaprodi. Apakah mata kuliah itu bisa diambil untuk di semester genap nanti atau tidak,” jelasnya.

    Adapun tautan pendaftaran dan pengambilan mata kuliah bisa dilihat di https://sasrabahu.id/. Pedoman Sasrabahu bisa dilihat di https://bit.ly/sasrabahuID. Informasi Sasrabahu di Unpad bisa hubungi Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi lewat email: [email protected] dan WhatsApp: 08164865343.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id