Program Bangkit 2021 Kemendikbud

    3.000 Mahasiswa Berkesempatan Belajar Teknologi Langsung dengan Google

    Ilham Pratama Putra - 15 Februari 2021 11:41 WIB
    3.000 Mahasiswa Berkesempatan Belajar Teknologi Langsung dengan Google
    Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. Zoom.



    Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud) meluncurkan program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) 2021 untuk mengasah kemampuan teknologi mahasiswa di Tanah Air. Program ini bakal diikuti 3.000 mahasiswa guna pengembangan karir di bidang teknologi.

    "Tahun ini ada 40 ribu peserta yang mendaftar dan ada 3.000 peserta yang terpilih untuk belajar pada bidang teknologi," kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam dalam Pembukaan Bangkit 2021, secara virtual, Senin, 15 Februari 2021.




    Mahasiswa terpilih tersebut bakal dikenalkan kepada artificial intelligence (AI) hingga teknologi mesin perusahaan digital di Indonesia. Google dalam program Bangkit 2021 berkolaborasi dengan Gojek, Traveloka dan Tokopedia.

    Menurut Nizam, mahasiswa Indonesia harus banyak belajar dari perusahaan unicorn dalam negeri tersebut. Sebab dia yakin, lewat pelatihan dari perusahaan tersebut, nantinya Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu membangkitkan ekonomi baru.

    "Karena lewat perusahaan teknologi digital ini Indonesia berpeluang menghasilkan ekonomi baru senilai 360 miliar US Dollar. Dan itu mampu menyumbang lebih dari 50 persen untuk pertumbuhan AI di Asia Tenggara," lanjut Nizam.

    Baca: Hadapi Bonus Demografi, Kualitas Kelompok Usia Kerja Masih Bermasalah

    Nizam berharap, mahasiswa yang terpilih untuk semangat serta serius dalam mengikuti program Bangkit. Sebab, selain mendapatkan pembelajaran teknologi, program ini juga akan mendorong pengembangan karir mahasiswa Indonesia di bidang teknologi.

    "Mengikuti Bangkit ini sebaai program kampus merdeka dalam pembekalan untuk keterampilan karir," jelasnya.

    Di akhir kegiatan, peserta terbaik bakal dipilih. Mereka yang terpilih bakal diberikan pendalaman dan pelatihan lanjutan di Stanford Univeristy, California, Amerika Serikat.

    "Para peserta terbaik akan mendapatkan pelatihan dari Stanford University melalui program khusus yang kita siapkan di 15 perguruan tinggi kita. Jadi adek-adek silahkan menyiapkan diri sehingga bisa menghasilkan yang terbaik lewat Bangkit 2021," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id