Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka untuk Kampus Dibuka 19 April

    Ilham Pratama Putra - 12 April 2021 19:07 WIB
    Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka untuk Kampus Dibuka 19 April
    Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. Zoom.



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pimpinan perguruan tinggi diminta untuk mendaftarkan kampus mereka mengikuti program ini.

    "Pendaftaran perguruan tinggi dan dosen yang mau menyelenggarakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka kita buka pekan depan yaitu 19 sampai 28 April 2021," kata Dijen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam dalam Peluncuran Pertukaran Mahasiswa Merdeka secara daring, Selasa, 12 April 2021.






    Baca: Nadiem: Dosen Jangan Larang Mahasiswa Ikut Pertukaran Mahasiswa

    Pendaftaran dapat dilakukan pada laman bit.ly/PertukaranMahasiswaMerdeka. Selanjutnya akan ada bimbingan teknis bagi dosen yang perguruan tingginya menjadi tempat Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

    "Kemudian ada seleksi dan penempatan peserta pada bulan Juli sampai Agustus dan pelaksanaan perukaran mahasiswa merdekanya pada Agustus sampai Januari 2022," terang Nizam.

    Setelah selesai menjalani program di perguruan tinggi tujuan, maka mahasiswa mendapatkan transfer Satuan Kredit Semester (SKS). Satu semester mahasiswa mendapatkan sebanyak 20 SKS.

    Nizam memberi catatan, pemilihan perguruan tinggi berlaku untuk lintas pulau, bukan dalam satu kota maupun provinsi yang sama. Sebab, diharapkan nantinya pertukaran mahasiswa diikuti juga pertukaran budaya.

    Selain itu, kuota dalam program tersebut dibatasi sampai 20.000 mahasiswa. "Tentu ini kompetitif, yang mendaftar 100 ribu, tersedianya 20 ribu, yang 80 ribu terpaksa gugur. Jadi segera saja, begitu pengumuman di bulan Mei segera mendaftarkan diri," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id