Kemendikbud Godok Skema Baru Penyaluran Dana BOS

    Media Indonesia - 10 Januari 2020 21:19 WIB
    Kemendikbud Godok Skema Baru Penyaluran Dana BOS
    Ilustrasi. Foto: MI/Aries Munandar
    Jakarta:  Masalah keterlambatan penyaluran program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terus berulang di sejumlah daerah. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Harris Iskandar pun mengakui kondisi tersebut.

    "Masalahnya ada sistem administrasi pemerintahan di daerah yang harus diikuti," ujar Harris saat ditemui Media Indonesia di kantornya, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.

    Harris mengungkapkan, untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak Kemendikbud saat ini tengah membahas skema baru penyaluran dana BOS yang lebih efektif.

    "Kita sedang memecahkannya dan itu kita sudah maraton rapat dengan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), Kemenkeu (Kementerian Keuangan)," tuturnya.

    Ditemui terpisah, Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan PAUD Dikdasmen, Sutanto menjelaskan, pada 2019 dana BOS disalurkan dari Kemenkeu ke Pemerintah Provinsi dan dikelola oleh Dinas Pendidikan Provinsi kemudian dikirimkan ke sekolah, sehingga kewenangan penyaluran ada pada Pemda.

    "Nanti misalnya ada sekolah mana terlambat (penyaluran BOS) provinsi mana, tanya kepala dinas provinsi tersebut karena dia yang bisa menjawab," tuturnya. 




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id