comscore

Bupati Buleleng Larang Sekolah Lakukan Pungutan Saat PPKM Darurat

Antara - 17 Juli 2021 23:18 WIB
Bupati Buleleng Larang Sekolah Lakukan Pungutan Saat PPKM Darurat
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah
Buleleng:  Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana melarang sekolah dari tingkat TK sampai SMP di Buleleng memungut biaya apapun saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021, Salah satunya karena mayarakat mengalami kesulitan ekonomi saat diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Larangan ini dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat pada masa pandemi covid-19," kata Bupati Suradnyana di Singaraja, Buleleng, Bali, Sabtu, 17 Juli 2021.
Larangan itu tertuang dalam Instruksi Bupati Buleleng Nomor 420/6420/DISDIKPORA/VII/2021 tentang pengadaan Pakaian Seragam Sekolah dan Pungutan Dalam Rangka Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022. Naskah tersebut telah ditandatangani serta terbit dan berlaku mulai Kamis, 15 Juli 2021.

Bupati Suradnyana menjelaskan instruksi ini dikeluarkan untuk membantu meringankan beban masyarakat karena sektor perekonomian belum bisa pulih sejak dihantam pandemi covid-19, termasuk banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pandemi ini.

"Hal tersebut yang melatarbelakangi keluarnya instruksi Bupati Buleleng dan kepada Kepala Disdikpora Buleleng untuk mengoordinasikan dengan seluruh kepala sekolah dari tingkat TK sampai SMP untuk dijalankan," jelasnya.

Baca juga:  Pemkot Surabaya Larang Sekolah Swasta Menarik Biaya PPDB Jalur Afirmasi

Walaupun sudah diatur pada regulasi-regulasi di atasnya, kata Bupati, instruksi ini terbit sebagai bentuk sebuah penegasan agar tidak ada pelanggaran-pelanggaran terhadap regulasi tersebut.

Secara substansi, Instruksi Bupati Buleleng ini melarang adanya pengadaan seragam baru bagi siswa TK, SD, SMP di Buleleng. "Pengadaan ini akan berdampak pada adanya pungutan atau pengumpulan dana dari orang tua siswa," katanya.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id