comscore

Begini Cara Daftar Ulang Mahasiswa Baru Unesa dan Info Lengkap Jalur Mandirinya

Citra Larasati - 26 Juni 2022 11:15 WIB
Begini Cara Daftar Ulang Mahasiswa Baru Unesa dan Info Lengkap Jalur Mandirinya
Kampus Unesa. Foto: Dok. Unesa
Jakarta:  Sebanyak 5.158 peserta dari total 39.776 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer yang mendaftar di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.  Pengumuman SBMPTN 2022 disampaikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kamis, 23 Juni 2022.

“Selamat kepada peserta yang sudah lolos. Selanjutnya peserta harus menyiapkan berkas dan segera melakukan daftar ulang di Unesa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran ulang bisa cek media sosial resmi Unesa juga laman sipenmaru.unesa.ac.id,” ujar Sukarmin, Ketua Satuan Admisi Unesa dilansir dari laman Unesa, Minggu 26 Juni 2022.

Cara Daftar Ulang

  1. Buka laman https://sipenmaru.unesa.ac.id atau https://sipenmaru.unesa.ac.id/simreg
  2. Login ke SIMREG UNESA atau Login to SIMREG UNESA. Gunakan nomor tes sebagai username dan tanggal lahir (format: YYYYMMDD) sebagai password. Jangan lupa pilih jalur tes (SNMPTN, SBMPTN, SPMB) kemudian klik tombol: Login. Jika proses login berhasil, identitas (nomor tes dan nama) calon mahasiswa baru akan ditampilkan.
  3. Mengisi data secara lengkap dan benar atau filling data completely and correctly
  4. Melalui tautan: registrasi, isi data registrasi, kemudian isi data secara lengkap dan benar. Direkomendasikan untuk mengisi data urut sesuai urutan pada menu.
  5. Upload dokumen atau berkas pendukung (upload supporting documents or files).  Upload berkas atau dokumen pendukung sesuai jenis berkas pada form upload. Pastikan dokumen pendukung telah disiapkan dalam bentuk softcopy untuk memudahkan proses upload.
  6. Finalisasi data atau data finalization.  Proses finalisasi data dilakukan setelah semua data registrasi telah tersimpan dan merupakan data yang lengkap dan benar. Jika belum, lakukan edit data sampai semua data benar. Proses finalisasi data akan mengunci data anda sehingga tidak dapat diedit lagi.
  7. Cetak bukti registrasi atau print proof of registration.  Melakukan cetak dan simpan bukti-bukti registrasi online seperti bukti registrasi, KTMS (kartu tanda mahasiswa sementera), dan lain-lain.
  8. Selesai atau finished

Jalan Lain Masuk Unesa

Namun, bagi peserta yang belum diterima lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN, kata Sukarmin, tidak perlu khawatir.  Karena Unesa masih membuka jalur SPMB atau jalur mandiri. Pada jalur ini, ada empat kelompok seleksi yang disiapkan Unesa. Apa saja itu?

1. Kelompok Non-Tes atau jalur UTBK Nasional

Peserta yang sudah mengikuti UTBK dan belum lulus bisa menggunakan nilai UTBK-nya untuk mendaftar lagi di Unesa. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang telah memiliki nilai UTBK 2022. Dengan kata lain, jalur ini hanya menggunakan nilai UTBK dan tidak ada tes atau ujian lagi. Peserta boleh memilih dua prodi baik Saintek maupun Soshum.

2. Kelompok Prestasi

Berbeda dengan kelompok non-tes di atas, jalur ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki prestasi di sejumlah bidang. Peserta akan mengikuti seleksi tertulis (online), wawancara dan portofolio.
Jalur prestasi ini terdiri dari:
  • Jalur prestasi keagamaan (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu). Untuk agama Islam ada jalur pesantren, tahfidz dan ada jalur MTQ.
  • Prestasi olahraga
  • Prestasi seni
  • Prestasi kepemimpinan. Bagi peserta yang pernah berprestasi di bidang-bidang tersebut, bisa nih memanfaatkan jalur yang satu ini.

3. TMUBK Sarjana dan Sarjana Terapan

Bagi pendaftar program sarjana maupun sarjana terapan, juga bisa menggunakan jalur tes masuk Unesa berbasis komputer (TMUBK). Pada jalur ini, peserta bisa memilih dua prodi, baik kelompok Saintek maupun Soshum.

4. Jalur Disabilitas

Bagi peserta disabilitas yang belum lolos di jalur SNMPTN maupun SBMPTN bisa mengikuti jalur khusus yang disiapkan Unesa. Peserta bisa memilih dua prodi baik Saintek maupun Soshum. “Ini komitmen kami di Unesa untuk peserta disabilitas agar bisa mengembangkan diri di pendidikan tinggi,” terang Sukarmin.

Kapan Jadwal SPMB atau Jalur Mandiri Unesa?

Nah, berikut jadwal pendaftaran tiap kelompok seleksi jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) atau jalur mandiri di Unesa:

Kelompok Non-Tes UTBK

Pendaftaran dibuka pada 24-30 Juni 2022
Hasil verifikasi data yang diunggah akan diumumkan pada 3 Juli 2022

Kelompok Prestasi

Pendaftaran dibuka pada 29 Juni hingga 5 Juli 2022
Seleksinya akan dilaksanakan pada 7 Juli 2022 dan 11 Juli 2022
Hasilnya diumumkan pada 13 Juli 2022.

Kelompok TMUBK Sarjana dan Sarjana Terapan

Pendaftaran dibuka pada 4-13 Juli 2022
Seleksinya diselenggarakan pada 16-19 Juli 2022
Hasilnya diumumkan pada 23 Juli 2022.

Jalur Disabilitas

Pendaftaran dibuka mulai 4-13 Juli 2022
Untuk seleksinya diselenggarakan pada 16-19 Juli 2022
Hasilnya diumumkan pada 23 Juli 2022.

Mengenai informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, peserta bisa mengunjungi lamanhttps://sipenmaru.unesa.ac.id atau https://admisi.unesa.ac.id/.

Baca juga: Sebelum Mendaftar, Catat Syarat dan Ketentuan Jalur SPMB Unesa

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id