comscore

Mengenal Jurusan Sastra Jepang: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Medcom - 21 Juni 2022 19:00 WIB
Mengenal Jurusan Sastra Jepang: Mata Kuliah dan Prospek Kerja
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Apakah Sobat Medcom tertarik dengan anime, film, komik, musik, dan hal-hal lain yang berbau Jepang? Bila demikian, maka jurusan Sastra Jepang bisa menjadi salah satu pilihan kuliah yang menarik. 

Menempuh pendidikan di jurusan yang sesuai dengan minat bisa mempermudah pemahaman materi.  Sehingga perkuliahan pun tidak terasa berat.
Selain itu, jurusan Sastra Jepang ternyata juga memiliki sejumlah keunggulan lain.  Sebagai negara maju, Jepang memiliki perekonomian terbesar ketiga di dunia. Namun, angka kelahiran di negara ini sangat rendah, sehingga kebutuhan tenaga kerja pun sulit dipenuhi.

Hal ini membuat Jepang menerima banyak tenaga kerja dari negara lain. Dengan menguasai bahasa negara ini, tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di Negeri Sakura atau bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia.

Tertarik berkuliah di jurusan ini? Simak dulu pembahasan mengenai seluk beluk jurusan Sastra Jepang berikut ini yang dikutip dari laman Ruangguru.

Mata Kuliah

Sastra Jepang merupakan program studi khusus yang mempelajari isi, keaslian, estetika, ciri artistik, dan keindahan isi dalam karya sastra Jepang. Karya tersebut bisa berupa puisi, novel, atau naskah drama.

Tak sekadar membaca, jurusan ini juga bakal mengajarkan mahasiswanya menulis dengan huruf Jepang. Huruf Jepang itu meliputi Katakana, Hiragana, Kanji, Romaji, dan Alphabet.

Mahasiswa Sastra Jepang juga diwajibkan menguasai percakapan dalam bahasa Jepang. Mereka bakal diajari berbagai hal, mulai dari tata bahasa (bunpou), percakapan (kaiwa), hingga pemahaman mendengar (choukai).

Kompetensi-kompetensi tersebut dipelajari melalui berbagai jenis mata kuliah. Beberapa di antaranya ialah:
  1. Bahasa Jepang
  2. Kanji
  3. Penerjemahan
  4. Sejarah Jepang
  5. Kebudayaan Jepang
  6. Penulisan
  7. Menyimak dan Berbicara
  8. Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra
  9. Penulisan Ilmiah
  10. Kajian Sastra Jepang
  11. Kajian Sejarah Jepang
  12. Fukushu
  13. Dounyuu

Universitas dengan Jurusan Sastra Jepang

Saat ini, sudah banyak perguruan tinggi dalam negeri yang memiliki program studi Sastra Jepang. Jurusan ini umumnya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya.

Itulah sebabnya, lulusan prodi ini bakal menyandang gelar Sarjana Humaniora (S.Hum) atau Sarjana Sastra (S.S), tergantung kebijakan masing-masing kampus.

Adapun universitas yang menggelar program studi Sastra Jepang antara lain:

  • Universitas Padjadjaran (Unpad)
  • Universitas Brawijaya (UB),
  • Universitas Udayana (Unud)
  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Universitas Sumatera Utara (USU)
  • Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
  • Universitas Andalas (Unand)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Hasanuddin (Unhas)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Indonesia (UI)

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan Sastra Jepang bisa dibilang tak terbatas. Mereka bisa bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, Kedutaan Besar Jepang, atau bahkan di perusahaan Jepang di negara asalnya langsung.

Adapun posisi yang cocok untuk alumni Sastra Jepang antara lain penerjemah, leksikografer, pemandu wisata, penulis, dan tenaga pendidik. Namun, untuk menjadi tenaga pendidikan, biasanya perlu melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana terlebih dahulu.

Baca juga: Pertama di Indonesia, ITS Buka Prodi Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia

Berbicara soal gaji, sebenarnya tak ada standar tetap yang menentukan upah per bulan lulusan Sastra Jepang. Namun, diperkirakan berada di kisaran Rp2 juta sampai Rp10 juta atau mungkin lebih, tentunya tergantung pada kemampuan, pengalaman, dan perusahaan tempat bekerja. (Nurisma Rahmatika)

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id