Menristek Fokus Dorong Peneliti Bersinergi

    Intan Yunelia - 09 Desember 2019 20:25 WIB
    Menristek Fokus Dorong Peneliti Bersinergi
    Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Mensristek/Kepala BRIN), Bambang Brodjonegoro mendorong sinergitas inovasi antara peneliti baik individu maupun organisasi. Tak hanya untuk mendongkrak produk peneltian yang berkualitas, namun juga menghindari terjadinya riset yang sama dilakukan peneliti yang berbeda.

    "Kita ingin Indonesia mempunyai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan bisa menembus pasar. Karenanya tidak ada cara lain kecuali melakukan sinergi," ujar Bambang di acara 'BPPT Innovator Award' di Kantor BPPT, Jalan M.H Thamrin, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.

    Bambang menambahkan, adanya sinergitas tersebut akan menghasilkan produk khusus penelitian. Tidak ada lagi produk penelitian yang sama dihasilkan dari berbagai macam peneliti.

    "Kita ingin bukan versi A dan versi B yang keluar tapi benar produk terbaik dari sinergi A dan B tadi," jelas Bambang.

    Selain itu, sinergitas berdampak positif pada penghematan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ke depannya. Tidak ada anggaran yang terbuang sia-sia untuk penelitian serupa.

    "Lebih baik kita keluarkan fokus ke satu hal tapi dikerjakan oleh yang terbaik. Bisa dari lembaga, kementerian atau perguruan tinggi," terangnya.

    Sebelumnya, Kepala BPPT, Hammam Riza menjelaskan, ada lima azas inovasi yang harus dipenuhi pada proses penelitian. Yaitu meliputi azas inovasi atau invensi, kreativitas, efisien dan efektif, nilai tambah, serta azas manfaat. Selain itu ada beberapa kategori khusus, di antaranya aspek inovasi teknologi, layanan teknologi dan transformasi digital.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id