'Kampus Sehat' akan Diajukan Jadi Penilaian Akreditasi Kampus

    Intan Yunelia - 29 November 2019 14:04 WIB
    'Kampus Sehat' akan Diajukan Jadi Penilaian Akreditasi Kampus
    Senam pagi yang diikuti sivitas akademika UNS. Foto: UNS/Intan yunelia
    Jakarta:  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memperluas program Kampus Sehat ke lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia pada 2020.  Indikator kampus sehat ini juga akan diajukan Kemenkes kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai salah satu penilaian akreditasi perguruan tinggi.

    Untuk diketahui, tahun ini Program Kampus Sehat masih dalam tahap uji coba, yang akan dilaksanakan di empat Universitas.  Yaitu Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Sebelas Maret (UNS), Majelis PP Dikti Muhamadiyah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

    Program Kampus Sehat akan diperluas ke lima kampus lainnya untuk menambah pembuktian dalam menyusun Program Kampus Sehat yang akan dijadikan program nasional.  "Selanjutnya ditawarkan ke Kemendikbud sebagai salah satu penilaian akreditasi Perguruan Tinggi," kata  Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, dikutip dari siaran pers, Jumat, 29 November 2019.

    Sebelumnya, Kemenkes mencanangkan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi Kampus Sehat pada hari ini, Jumat, 29 November 2019. Pencanangan ini ditandai dengan peluncuran UNS sebagai kampus sehat oleh Kementerian Kesehatan dan didampingi Rektor UNS, Jamal Wiwoho di Gedung dr. Prakoso UNS.

    ?Program ini merupakan sinergitas upaya promotif dan preventif hidup sehat sebagai perwujudan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui edukasi gaya hidup sehat, deteksi dini, dan intervensi yang terintegrasi dengan pengaturan lingkungan yang sehat'.   Sehingga diharapkan prevalensi penyakit dan faktor risikonya di lingkungan kampus dapat diturunkan.

    “Program Kampus Sehat diharapkan dapat menggerakan sektor pendidikan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia sehat dengan terlibat langsung dalam upaya-upaya promotif, dan preventif, di lingkungan perguruan tinggi,” papar Anung.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id