Muhammadiyah Minta Kampus Punya Kemerdekaan Akademik

    Daviq Umar Al Faruq - 13 Januari 2020 12:52 WIB
    Muhammadiyah Minta Kampus Punya Kemerdekaan Akademik
    Mantan Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas, saat menghadiri Seminar MPM di UMM. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
    Malang:  Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Bidang Hukum dan HAM, Busyro Muqoddas meminta seluruh perguruan tinggi melakukan proses-proses pencerdasan serta pemberdayaan penuh terhadap independensi.  Kampus harus kembali pada marwahnya, menjadi pusat pemberdayaan dan memiliki kemerdekaan akademik.

    Busyro mengatakan, kampus selama ini teralienasi oleh isu-isu yang terkait dengan admnistrasi kampus.  "Jadi rezimnya kampus sekarang rezimnya administrasi.  Saya orang kampus jadi tahu persis," katanya usai menghadiri Seminar MPM di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, Jumat 10 Januari 2020.

    Busyro menilai, para dosen dan mahasiswa saat ini cenderung lebih banyak fokus pada pemenuhan syarat-syarat administratif. Bukan pada pemberdayaan masyarakat.

    "Sehingga, sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, itu mengalami proses pelemahan pada internal kampus. Ini koreksi total bagi pengelola kampus," imbuhnya.

    Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini menambahkan, perguruan tinggi sudah sepatutnya kembali pada identitasnya. Yakni sebagai komunitas yang memiliki academic freedom.

    "Jangan terlalu banyak diurusi oleh pemerintah. Misalnya pemilihan rektor. Pemilihan rektor itu kalau sampai kepada menteri apalagi presiden, itu politisasi.  Apalagi, kalau rektor dipilih oleh presiden, tambah rumit," jelasnya.

    Oleh karena itu, anggota Komisi Yudisial RI periode 2005-2010 ini menyarankan, agar perguruan tinggi kembali kepada marwahnya. Yakni mengembalikan urusan kampus kepada senat.

    "Senat itu sudah orang-orang pilihan. Jangan diganggu gugat. Jangan direcoki. Itu menabrak marwah kampus dan kampus mestinya independen," pungkasnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id